PENERAPAN E-LEARNING AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AL-FAKHRIYYAH JAKARTA BARAT

Syaiful Ari Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengajaran Akidah Akhlak secara dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Al-Fakhriyyah, Jakarta Barat, tahun ajaran 2020/2021.

Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung dan apa saja permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan proses tersebut menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengajaran sudah sesuai dengan regulasi-regulasi yang ada. Adapun implementasi pengajaran dilakukan menggunakan gawai seperti tablet, handphone, dan laptop. Sedangkan aplikasi yang digunakan adalah WhatsApp, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Permasalahan yang ditemukan adalah keterbatasan kepemilikan media pada siswa, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi media sosial, dan keterbatasan fasilitas jaringan internet karena kondisi geografis.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.13854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.