Evaluasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Kristen BM Salatiga

ari setyoningsih

Abstract


Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan suatu program yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk membantu meringankan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesenjangan dalam program BOS pada peningkatan mutu pendidikan di SMK Kristen BM Salatiga. Pada penelitian ini menggunakan evaluasi gap (Discrepancy). Subjek dalam penelitian ini diantaranya adalah bendahara BOS, kepala sekolah, orangutua atau wali siswa dan juga siswa. penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentsi dan juga observasi untuk memperoleh suatu informasi dan informasi tersebut kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Program BOS yang dilaksanakan di SMK Kristen BM Salatiga masih mengalami kesenjangan pada pelaksanaan dan standarnya. Pada aspek desain sendiri program BOS di SMK ini sudah sesuai dengan Juknis. Pada tahap instalasi terdapat kesenjangan yaitu adanya kegiatan yang mendadak dan kegiatan tersebut memakan banyak biaya sedangkan pada pembiayaan harus disesuaikan dengan SPJ. Kemudian pada tahap pelaksanaan terjadi kesenjangan yaitu pada saat keterlambatan pencairan BOS dimana BOS merupakan sumber dana utama pembiayaan pendidikaan. Sehingga dari tahap pelaksanaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kesenjangan pada tahap pelaksanaan dengan Juknis.


Keywords


Evaluasi, Kesenjangan, BOS

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v5i1.12739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.