SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH ISU-ISU SOSIOSAINTIFIK TERHADAP KEBERHASILAN PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak pendekatan isu-isu sosiosaintifik terhadap keberhasilan pembelajaran siswa dalam kimia di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan Sytematic Literature Review (SLR) yang meneliti delapan artikel yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2024 yang memenuhi kriteria khusus terkait dengan isu-isu saintifik dalam pembelajaran kimia. Langkah-langkah Sytematic Literature Review (SLR) 1) Google Scholar (n=1000) 2) Hasil pencarian (n=35) 3) Sisa (n=32) 4) Penyaringan sisa (n=25) 5) Artikel yang memenuhi syarat (n=8). Temuan menunjukkkan bahwa pendekatan ini meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik-topik kimia utama, terutama kimia asam-basa, minyak bumi, dan hidrokarbon. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini termasuk pembelajaran penemuan, yang keduanya secara efektif meningkatkan keterlibatan siswa. Data menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan saintifik mencapai nilai rata-rarta 65,16, dibandingkan dengan nilai rata-rata 50,87 di kelas kontrol. Isu-isu yang relevan untuk didiskusikan dalam konteks pendidikan termasuk dampak lingkungan dari penggunaan bahan kimia, ketergantungan pada bahan bakar fosil, dan pengelolaan limbah kimia. Secara keseluruhan, penelitian ini memiliki implikasi yang penting untuk pengembangan kurikulum dan metode pengajaran dalam pendidikam kimia, yang menyoroti pentingnya mengintegrasikan isu-isu kontemporer ke dalam proses belajar mengajar.
Full Text:
PDFReferences
Budinarianti, E., & Susiyawati, E. (2024). Pendekatan Socioscientific Issue dalam Pembahasan Motor Listrik untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa SMP Socioscientific Issue Approach in Electric Motor Discussion to Improve Students ’ Argumentation Skills. September, 2655–2663.
Gulacar, O., Zowada, C., Burke, S., Nabavizadeh, A., Bernardo, A., & Eilks, I. (2020). Integration of a sustainability-oriented socio-scientific issue into the general chemistry curriculum: Examining the effects on student motivation and self-efficacy. Sustainable Chemistry and Pharmacy, 15(February). https://doi.org/10.1016/j.scp.2020.100232
Hanifah, E., Setiono, S., & Nuranti, G. (2021). Pengaruh Model Socio-Scientific Issue Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Menggunakan Aplikasi Powtoon pada Materi Perubahan Lingkungan. Biodik, 7(4), 18–28. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.13758
Hidayati, S. it. N., & Aulia, E. V. (2024). Penerapan Socio Scientific Issues ( SSI ) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII di Era. 4(4).
Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6 Nomor 1, 1–13. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/4166
Jayanti, A. A. (2024). Pengembangan Video Berbasis Socio-Scientific Issues Sebagai Media Pembelajaran Pembangunan Berkelanjutan Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 9(1), 35–48. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Kusumaningtyas, P., Oktafiani, R., Nurhadi, M., & Sulistyaningwarni, S. (2020). Pengaruh Isu Sosiosaintifik Dalam Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5172
López-Fernández, M. del M., González-García, F., & Franco-Mariscal, A. J. (2022). How Can Socio-scientific Issues Help Develop Critical Thinking in Chemistry Education? A Reflection on the Problem of Plastics. Journal of Chemical Education, 99(10), 3435–3442. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.2c00223
Lubis, M. S., Siregar, A., Studi, P., Islam, P., & Usia, A. (2023). Implikasi Konsep Pendidikan Terhadap Kebudayaan dalam Pandangan Tokoh Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 92–103. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2611
M.A Yohanita Nirmalasari, Oktavius Yoseph Tuta Mago, & Irene Lete Manuk. (2022). Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1004–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.725
Monaliza, R. putri &, & Miterianifa. (2023). Penggunaan Isu Sosiosaintifik Dalam Pembelajaran IPA: Review Literatur The Use of Socioscientific Issues In Science Learning : Review Literature. Journal of Natural Sciences, 4(2), 103–111. https://doi.org/10.34007/jonas.v4i2.401
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162
Nur’Aida Afrilya, Neti Afrianis, dan N. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.02
Pandela, Y. S., Sunyono, & Rudibyani, R. B. (2019). Pengaruh Isu Sosio-Saintifk dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 296–307.
Pauzi, R. Y., & Windiaryani, S. (2021). The critical thinking skills on global warming issue: Effect of the socio-scientific problems approach on problem-solving toward student’s. Biosfer, 14(2), 228–237. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.19963
Rushiana, R. A., Sumarna, O., & Anwar, S. (2023). Efforts to Develop Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1425–1435. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2632
Sismawarni, W. U. D., Usman, U., Hamid, N., & Kusumaningtyas, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.4265
Siswanto, P., & Fauziah, H. N. (2022). Pola Argumentasi Peserta Didik Terhadap Resiko Masalah Sosiosaintifik Pada Materi Bencana Alam. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.485
Suardana, I. N., Redhana, I. W., & Selamet, K. (2024). Systematic Literature Review of Chemistry Learning to Improve Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 124–129. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5228
Utomo, M. N., Rahayu, S., Kaujan, K., & Irwandi, S. A. (2020). Environmental performance, environmental disclosure, and firm value: empirical study of non-financial companies at Indonesia Stock Exchange. Green Finance, 2(1), 100–113. https://doi.org/10.3934/GF.2020006
Winarni, D. S., Nugraheni, D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Penggunaan Pendekatan Socio-Scientific Issues (Ssi) Di Perguruan Tinggi. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 18–24. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.558
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v4i1.35260
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Chemistry Education and Integration
E-ISSN: 2829-1921 | P-ISSN: 2829-2774
Published By:
Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau
email: jceipka@uin-suska.ac.id
Indexed By:
Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.