PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK SISWA SMAN 1 KECAMATAN PAYAKUMBUH

Rahmi Safitri, Maya Sari

Abstract


Abstract

The problem behind this research is the unavailability of teaching materials that are effective and attract students' interest in learning. The teaching materials used during the chemistry learning process only utilize textbooks provided in the library and use student worksheets. This causes students to have difficulty understanding the concepts of chemistry, because textbooks tend to be monotonous and difficult to understand, moreover most of the material in chemistry learning is abstract so it needs a better explanation. Meanwhile, teachers have not developed interesting and easy-to-understand teaching materials due to time constraints. Based on this, the researchers conducted research on the development of SETS (Science, Environment, Technology, and Society)-Based Chemistry E-Modules for Class XI Students on petroleum materials. This research uses 4-D research (define, design, develop, and disseminate). To find out the validity or practicality of an e-module, validity and practicality tests are carried out. The results showed that the validation of the SETS-based chemical e-module that had been designed was very valid with a percentage of 96.8%, and the practicality results were very practical with a percentage of 89.0%.

Keywords : Development, E-Module, SETS Approach

Abstrak

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar yang efektif dan menarik minat belajar siswa. Bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran kimia hanya memanfaatkan buku teks yang disediakan di perpustakaan dan menggunakan lembar kerja Siswa. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep kimia, karena buku pelajaran cenderung monoton dan sulit dipahami, apalagi sebagian besar materi dalam pembelajaran kimia bersifat abstrak sehingga perlu penjelasan yang lebih baik. Sementara itu, Guru belum mengembangkan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami karena keterbatasan waktu. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian pengembangan E-Modul Kimia Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Siswa Kelas XI pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan penelitian 4-D (define, design, develop, dan disebarluaskan). Untuk mengetahui validitas atau kepraktisan suatu e-modul dilakukan uji validitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi e-modul kimia berbasis SETS yang telah dirancang sangat valid dengan persentase 96,8%, dan hasil kepraktisan sangat praktis dengan persentase 89,0%.

Keywords : Pengembangan, E-Modul, Pendekatan SETS


Full Text:

PDF

References


Arimadona, S. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis integrasi islam sains. Jurnal pendidikan rokania, 1(2), 89-98.

Armawita, A., & Okmarisa, H. (2020). Analisis Model Mental Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Model Mental Two-Tier (Tdm-Two-Tier) Pada Materi Laju Reaksi. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 4(2).

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan e-modul kesetimbangan kimia berbasis pendekatan saintifik untuk kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155-161.

Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan praktikalitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual pada materi hidrolisis garam kelas xi sma/ma. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2), 179-188.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.

Himmah, E. F. I. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Suhu Dan Kalor (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177.

Mahartika, I., Afrianis, N., & Yuhelman, N. (2020). Analisis Kebutuhan Chemistry Games (CGs) pada Pembelajaran Kimia di SMA/MA Kota Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 35-44.

Okmarisa, H. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Menggunakan Four Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 5(1), 23-31

Pranowo, M. I., Linda, R., & Haryati, S. (2021). Pengembangan LKPD Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 41-45.

Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan petunjuk praktikum mikrobiologi program studi pendidikan biologi. Jurnal Biota, 3(1), 31-37.

Rahayu, J., & Solihatin, E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 13-28.

Rahma, S. Z., Mulyani, S., & Masyikuri, M. (2017). Pengembangan modul berbasis SETS (science, environment, technology, society) terintegrasi nilai islam di SMAI Surabaya pada materi ikatan kimia. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 70-76.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Riduwan, M. B. A. (2005). Belajar mudah penelitian. Bandung, Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Penerbitan (KDT).

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v1i1.16245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

            

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.