DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Siti Aisyah, Yuni Fatisa

Abstract


Abstract

This research aimed at developing learning media using Lectora Ispire interactive multimedia on Buffer Solution lesson and knowing the levels of validity, practicality, and student response to the learning media developed. It was a Research and Development (R&D) with Luther development model that was limited to the fifth steptesting.  This research was administered at State Senior High School 9 Pekanbaru.  The subjects of this research were the lecturers, Chemistry subject teachers, and students.  The object was learning media using Lectora Ispire interactive multimedia on Buffer Solution lesson. Validation test questionnaire, practicality test questionnaire, student response test, and interview were the techniques of collecting the data. The data obtained then were analyzed by using qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The research findings showed that the media validity level was 90.5% with very valid criterion, the practicality level was 94.17% with very practical criterion, and student response to the learning media was 91.6% with very good criterion. Based on this research, it could be concluded that learning media using Lectora Ispire interactive multimedia on Buffer Solution lesson was very valid and practical, so it was proper to be used as learning media at school.

Keywords : Learning Media, Lectora Inspire, Buffer Solution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif Lectora Ispire pada materi larutan penyangga dan mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Luther sampai langkah kelima. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah dosen, guru mata pelajaran Kimia, dan mahasiswa. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif Lectora Ispire pada materi larutan penyangga. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket uji validasi, angket uji kepraktisan, tes respon siswa, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas media sebesar 90,5% dengan kriteria sangat valid, tingkat kepraktisan 94,17% dengan kriteria sangat praktis, dan respon siswa terhadapmedia pembelajaran sebesar 91,6% dengan kriteria sangat baik.Media pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Keywords : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Larutan Penyangga


Full Text:

PDF

References


Amrina, D. E., Jaenudin, R., Fatimah, S., & Mardetini, E. (2019). Pelatihan Media Powerpoint Slide Master Berbasis Pembelajaran Kolaboratif di SMA Kelurahan Bukit Lama Palembang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 1-18.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran (2009th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elfariyanti, E., Sari, S. A., & Khaldun, I. (2016). Efektifitasmedia Simulasi Komputer Berbasis Microsoft Excel Terhadap Peningkatkan Pemahaman Konsep Dankemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(1).

Hasan, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif Lectora Inspire pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).

Kurniawan, A., & Agung, Y. A. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR UNTUK SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).

Labulan, P. M., & Effendi, F. (2012). Pengembangan Smart Try Out System Berbasis Komputer pada Matapelajaran Matematika di Sekolah Kejuruan. Aksioma, 1(01).

Mahartika, I., Afrianis, N., & Yuhelman, N. (2020). Analisis Kebutuhan Chemistry Games (CGs) pada Pembelajaran Kimia di SMA / MA Kota Pekanbaru. 3(1), 35–44.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, D., & Witurachmi, S. (n.d.). Sohidin.(2016). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Kuis Edukasi COC Berbasis Aplikasi Lectora Inspire pada Pembelajaran Akuntansi unutk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar. Tata Arta, 2, 45, 48.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. In Alfabeta, Bandung.

Romadhan, A., & Rusimamto, P. W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Sandi, F., Rumape, O., & Mohamad, E. (2016). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta. Jambura Journal of Educational Chemistry, 11(2), 161–167.

Sanubari, F., Yamtinah, S., & Redjeki, T. (2014). Penerapan metode pembelajaran tutor teman sebaya dilengkapi dengan media interaktif flash untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 pada materi larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(4), 145–154.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105

Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v1i1.15887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

          

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.