Implementasi Capacity Building Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Pada Sekolah Ramah Anak: Kajian Kualitatif di Sekolah Menengah Atas

Abdul Kholik Kholik, Putri Yuliyaningsih, Nunu Mahnun, Radif Khotami Rusli

Abstract


SMA Negeri 7 Bogor sebagai Sekolah Ramah Anak menghadapi tantangan dalam meningkatkan kompetensi guru agar tercipta lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengembangan kapasitas kelembagaan dan sistem yang di terapkan untuk meningkatkan komptensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data primer diperoleh dari wawancara delapan informan, dan data sekunder berupa dokumen resmi sekolah. Analisis data menggunakan pendekatan deduktif tematik dengan memanfaatkan perangkat lunak Nvivo 12. Hasil menunjukkan pelatihan rutin dan kolaborasi efektif memperkuat kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru. Kepala sekolah berperan sebagai pengelola sistem kerja terintegrasi, menciptakan lingkungan belajar kondusif dan adaptif. Keterbatasan sumber daya dan keberagaman karakter siswa menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model capacity building integrative yang bermanfaat untuk kebijakan praktik pengembangan guru di Sekolah Ramah Anak.


Keywords


Capacity Building, Kompetensi Guru, Sekolah Ramah Anak

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Rajagrafindo.

Asri, K. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Kenyamanan Bekerja Di Sekolah: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. Edum Journal, 4(1), 21–28.

Braun, V. , & C. V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. . Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597.

Hadi, S., Program, M., Manajemen, D., Islam, P., & Malang, U. (2020). Model Pengembangan Mutu Di Lembaga Pendidikan. In Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Ho, D., & Lee, M. (2016). Capacity building for school development: current problems and future challenges. School Leadership and Management, 36(5). https://doi.org/10.1080/13632434.2016.1247040

Irfanza, A., Yunindyawati, Y., & Suleman, Z. (2023). Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Pada Sanggar Kegiatan Belajar Di Kabupaten Banyuasin. Jurnal Education And Development, 11(1), 535–540. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4554

Munir, H., & Novita, R. (2023). Pengembangan Kapasitas Guru Melalui Perencanaan Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.30949

Mustika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-raniry Banda Aceh, Z. (2020). Strategi Capacity Building Dalam Perspektif Kompetensi Profesional Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Mi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1).

Nasarudin, N. S. (2024). Model Manajemen Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 893–904.

Nur Faudillah, A., Ananda Putri, H., Fitriani Munthe, A., & Sabrina Ramdhani, A. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. AMI: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(1), 13–18. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/ami

Nuriansyah, F., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi Guru: Kaitannya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kota Bandung. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3). https://jurnaldidaktika.org

Primadona, D., Raden, U., Palembang, F., Novita, W., & Siliani, O. (2024). Faktor-Faktor Kesenjangan Sosial Di Sekolah Dasar Negeri 01 Tanjung Rancing Kayu Agung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 852–862. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1517

Purwaningrum, R., Dewantoro, A., & Susilo, A. T. (2023). Capacity Building dalam Dunia Pendidikan sebagai Upaya Penguatan Kolaborasi Antar-Unsur: Systematic Literature Review. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).

Sahnan, A., Siswadi, S., & Setiani, R. E. (2022). Peningkatan Capacity Building Guru Madrasah Ibtidaiyah Ma`Arif Kabupaten Purbalingga Berbasis Active Learning. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 256. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.5105

Sofyan, A., & Prila Wardani, F. (2021). Pengembangan Disiplin Sekolah Berbasis Karakter. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v4i1.73438

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). . In M. P. Pendidikan.

Suherman, I., Adri, H. T., Muttaqien, A., Kholik, A., & Hayu, W. R. R. (2023). Research Development on Management of Child-Friendly Schools (CFS) in Elementary School: A Bibliometric Analysis Using VOSviewer. Mimbar Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v10i2.60629

Susanti, S., Aminah, F., Mumtazah Assa’idah, I., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). PEDAGOGIK Jurnal Pendidikan dan Riset Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.

Tengku Darmansah, Salniati Nasution, Khalid Samahangga, & Nurul Atika Hasibuan. (2024). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Mewujudkan Sekolah Berbasis Kompetensi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Dan Teknologi, 1(4), 43–57. https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i4.389

Tri Febrian, F., Putri Kamilah, I., Maret Tasya Raja Gukguk, R., Jaya Adi Putra, M., & Yulita Sari, M. (2024). Pengaruh Fasilitas Sekolah Terhadap Pemahaman Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Oleh Guru. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(Oktober), 508–517.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v6i2.36989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats