Layanan Bimbingan Karier Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Karier Peserta Didik Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penggunaan teknologi sangat penting sebagai penunjang keberhasilan terlaksananya layanan bimbingan karier dalam peta Keputusan masa depan peserta didik. Untuk membantu pelaksanaan layanan bimbingan karier, guru bimbingan dan konseling perlu mempertimbanan Teknik yang digunakan dan juga media sesuai era majunya teknologi sekarang yaitu menggunakan video dengan Teknik modeling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian relevan untuk mengetahui efektifitas penggunaan teknologi yaitu media layanan bimbingan karier dengan Teknik modeling untuk meningkatkan pengetahuan karier peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan pedoman PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Review And Meta Analyses). Pada penelitian ini adan 8 jurnal pada tahun 2021-2024 yang dikaji pada website Google Scholar dengan kata kunci “Layanan bimbingan karier dan Teknik modeling”. Hasil penelitian menyatakan bahwa layanan bimbingan karier dinyatakan efektif untuk menunjang pengetahuan karier peserta didik dikarenakan Teknik modeling yang digunakan sesuai kebutuhan mereka dan dapat menambah pengetahuan mengenai karier.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir peserta didik. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).
Attika, S., Nurihsan, J., & Budiamin, A. (2020). Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Kematangan Karier Peserta Didik. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 19-29.
Corey, G. (2013). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Cengage learning.
Edison, E., Husniah, W. O., & Sarjun, S. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta didik Di MAN 1 Baubau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 17810-17825.
Fadilah, S. A. N., Hidayat, W., & Suherman, M. M. (2024). Pengembangan media video animasi berbasis powtoon terhadap perencanaan karier peserta didik kelas xi di sma angkasa bandung Fokus: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 7(2), 112-120.
Husniah, W. O. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta didik Kelas X Di SMA Negeri 1 Kapontori. Frame (Jurnal Ilmiah Peserta didik), 3(01), 216-220.
Izzati, N. (2024). Peningkatan Kematangan Karir Melalui Layanan Bimbingan Konseling Dengan Teknik Modelling Pada Peserta Didik Smanegeri 7 Banda Aceh.
Muharam, I., Susilowati, N., & Barida, M. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Modeling Simbolik Dalam Meningkatkan Self Efficacy Karir Peserta didik SMA Negeri 1 Rumbio Jaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2053-2059.
Mukaromah, W., Sudadio, S., & Sholih, S. (2021). Pengembangan media video interaktif pada layanan informasi karir peserta didik SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 6(2).
Novanti, A. Y., Rakhmawati, D., & Lestari, F. W. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Terhadap Perencanaan Karir Peserta didik Kelas Xi Sma N 1 Moga. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 63-68.
Nur, I. Z. (2021). Kematangan Karir Peserta didik SMK Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Konsep Diri (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Prayoga, A., Purwoko, B., & Habsy, B. A. (2024). Bimbingan dan Konseling Sekolah di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Sistematis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 52-61.
Priyatno, T. (2016). Upaya meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Psikopedagogia, 5(1), 49-56.
Rachmayanie, R. (2021). Perencanaan Karier Peserta didik di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Pada Peserta didik SMA Negeri 1 Mandomai.
Sakti, A. A. A. K., & Nursalim, M. (2019). Pengembangan software e-career untuk perencanaan karir peserta didik kelas X SMA N 1 SEKARAN. Jurnal BK UNESA, 9(3).
Siregar, D. K. K., & Syarqawi, A. (2024). Efektivitas layanan informasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan aspirasi karir pada peserta didik sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 757-765.
Togatorop, C. V. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Peserta didik Jurusan DPIB Kelas XII SMKN 14 Medan TA 2023/2024. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(4).
Violina, E. I. (2017). Kematangan karier peserta didik tingkat akhir program studi bimbingan dan konseling universitas muhammadiyah sumatera utara. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(2).
Winkel, W.S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta :PT. Gramedia
Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(2), 145-155.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i2.33132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.