Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Berbasis Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bergantung pada kurikulum yang baik, tetapi juga pada dukungan yang diberikan kepada siswa, salah satunya melalui layanan bimbingan belajar. Hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa menjadi semakin penting, mengingat peran motivasi dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 LUWU. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analisis deskriptif korelasional, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 120 siswa kelas X dan XI dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang tinggi. Analisis korelasi Pearson mengungkapkan hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa (r = 0,932, p < 0,05). Temuan ini pentingnya layanan bimbingan belajar sebagai instrumen kunci dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini mendukung investasi berkelanjutan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas layanan bimbingan belajar di sekolah sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi dan potensi keberhasilan akademik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alda., Tikollah, M. R., & Azis, F. (2023). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Sekolah Menegah Atas di Kota Makassar. PINISI: Journal of Education, 3(4), 207–214.
Aperieli, F. (2023). Pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa smp negeri 1 sirombu tahun pelajaran 2021/2022 1. 1(1), 1–13.
Aptriyana, J., & Lestari, N. D. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK SE-KECAMATAN KAYUAGUNG. 9(2), 86–94.
Arikunto. (1998). Fasilitas Belajar. Rineka Cipta.
As-syafi, U. I. (2021). hubungan layanan bimbingan belajar dengan motivasi berprestasi peserta didik. Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Motivasi Berprestasi Peserta Didik, 18(12), 10–18.
Assafi’i, D., Anuar, A. Bin, Galugu, N. S., & Kadir, A. (2023). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 123. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11618
Bitew, T., Birhan, W., & Wolie, D. (2020). Perceived learning difficulty associates with depressive symptoms and substance use among students of higher educational institutions in North Western Ethiopia: A cross sectional study. PLoS ONE, 15(11 November), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0240914
Dami, Z. A., & Styorini, I. N. (2016). Hubungan Layanan Bimbingan Belajar dengan Motivasi Belajar. Jurnal Cakrawala, 5(11), 958–974.
Febriany, R., & Yusri. (2013). HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS-TUGAS SEKOLAH. 2(2), 8–15.
Ghozali, I. (2001). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryati, I. (2019). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. 1–109.
Hidayat, S. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Kelas IX MTs Abdurrahman Al-Fatih Bengkulu. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 149–155.
Ibnu Rusydi, & Evi Sofyuni. (2021). PROFIL LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif di SMP Negeri 3 Balongan). Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.31943/counselia.v2i2.13
Lesmana, S. (2021). Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(12), 10–18.
Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Ar-Rainy, 1(1), 1–13.
Nafisah, Jarkawi, H. M. (2021). PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PENDAHULUAN Guru bimbingan dan konseling ( guru BK ) atau dapat juga disebut sebagai konselor sekolah sebagai tenaga pendidik disekol. 7.
Nisa, C., Wulandari, T., Nurhasannah, N., & Lesmana, G. (2021). Penerapan Layana Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasi Nonformal, 1(2), 424–434.
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Hajja Ristianti, D. (2016). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 1, 1–23.
Sari, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152.
SRI, M. D. (2021). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. UIN Raden Intan Lampung.
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2018). 306-2893-5-Pb. Jurnal Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang, 01(2), 55–66.
WARDHANIAH, W. (2021). PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN DARING DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN. Universitas Islam Kalimantan MAB.
Wijayanti, R., Efendi, M., & Kustiawan, U. (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita Smalb. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 128–134.
Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i2.33125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.