Pengaruh Komunikasi Efektif Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Komunikasi efektif guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakter siswa, yang merupakan salah satu tujuan utama pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh komunikasi efektif guru terhadap pembentukan karakter siswa. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 20 pertanyaan variable x dan 20 pertanyaan dari variable y dengan menggunakan skala Likert 1-5, yang mencakup aspek-aspek komunikasi guru dan karakter siswa. Contoh pertanyaan yang diberikan antara lain "Seberapa sering guru Anda memberikan umpan balik positif?" dan "Seberapa besar Anda merasa dihargai oleh guru Anda?". Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Regresi linear sederhana dipilih untuk mengidentifikasi hubungan langsung antara variabel komunikasi efektif guru dan pembentukan karakter siswa, sementara uji t digunakan untuk menentukan signifikansi statistik dari hubungan tersebut dengan jumlah sampel 110 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi efektif guru memiliki pengaruh positif yang signifikan sebesar 57,7% sedangkan sisanya 42,3% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian initerhadap pembentukan karakter siswa. Temuan ini memiliki implikasi praktis yang penting dalam konteks pendidikan, yaitu bahwa peningkatan kemampuan komunikasi guru dapat berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan karakter siswa. Oleh karena itu, program pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru harus menekankan pentingnya keterampilan komunikasi yang efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fatmah, N., Udin, T., & Maufur, S. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Siswa di Kelas II MI Salafiyah Kota Cirebon. Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE), 4(2), 1–14.
Inanna, I. (2024). Peran Profesi Kependidikan dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter. Penerbit Tahta Media.
Leasa, M., & Batlolona, J. R. (2017). Full day school dalam pembentukan karakter siswa SMKN 13 kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 73–82.
Neolaka, A. (2014). Metode penelitian dan statistik.
Nurmi, J.-E. (2012). Students’ characteristics and teacher–child relationships in instruction: A meta-analysis. Educational Research Review, 7(3), 177–197.
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.
Rukiyanto, B. A., Nurzaima, N., Widyatiningtyas, R., Tambunan, N., Solissa, E. M., & Marzuki, M. (2023). Hubungan antara pendidikan karakter dan prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4017–4025.
Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit NEM.
Safitri, I., Lestarani, D., Imtikhanah, R. D. N. W., Akbarini, N. R., Sari, M. W., Fitrah, M., & Hapsan, A. (2024). Teori Pengukuran dan Evaluasi. CV. Ruang Tentor.
Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764
Simamora, I. Y., Jannah, N. A., Hakim, F., Wahyudi, I. D., & Prawira, Y. B. (2024). Revitalisasi Pembangunan dalam Pendidikan melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4921–4927.
Suryadi, E. (2014). Model Komunikasi Efektif bagi Perkembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 263–279.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Komunikasi Efektif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madarasah Aliyah Negeri 2 Parepare. IAIN Parepare.
Wentzel, K. R. (2002). Are effective teachers like good parents? Teaching styles and student adjustment in early adolescence. Child Development, 73(1), 287–301.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v5i1.30741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.