Pengaruh Hasil Layanan Penempatan dan Penyaluran pada Program Ekstrakulikuler Terhadap Kreativitas Siswa

Hening Handayani, Suhertina Suhertina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil layanan penempatan dan penyaluran pada program ekstrakulikuler terhadap kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan penempatan dan penyaluran pada program ekstrakulikuler terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 89 siswa dari populasi sebanyak 772 siswa, penelitian sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data penelitian di analisis dengan teknik persentase dan teknik analisis data regresi linier sederhana, yang memaparkan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh hasil layanan penempatan dan penyaluran pada program ekstrakulikuler terhadap kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru sudah dikatakan signifikan, hal ini terlihat dari pengaruhnya yang mencapai 65,5% (cukup baik), hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa : ro (observasi) jika dibandingkan rt (tabel) pada taraf signifikan 5% (0.568 > 0,208) ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian ro (observasi) jika dibandingkan rt (tabel) pada taraf signifikan 1% (0,568 > 0,271) ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya pengaruh hasil layanan penempatan dan penyaluran pada program ekstrakulikuler terhadap kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekanbaru adalah 65,5%, hal ini dapat dibuktikan dengan Koefisien Determinan (R Square) adalah 65,5% atau 0,655 × 100% = 65,5% dan selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.


Keywords


Kreativitas Siswa, Layanan Penempatan dan Penyaluran, Program Ekstrakulikuler

Full Text:

PDF

References


Al-Munawar, H. A. H. A., & Rupaida, R. (2020). Upaya mengembangkan kreativitas remaja. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2020, 422–429.

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72.

Hartono. (2009). SPSS 16.0 Analisis data Statistik dan Penelitian. Pustaka Pelajar.

Hasanah, A., Ilyas, A., & Afdal, A. (2018). Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1–8.

Hasanah, S. M. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pai Di Sdlb Islam Yasindo Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 159–188.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Juliantine, T. (2009). Pengembangan kreativitas siswa melalui implementasi model pembelajaran inkuiri dalam pendidikan jasmani. Penelitian Pendidikan, 1(3), 168.

Prayitno. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Depdikbud: Rineka Cipta.

Rama, W. (2016). Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran dalam Pengembangan Diri Peserta Didik Oleh Guru BK (Studi di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat). Sarjana thesis, STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

Shaleh, A. R. (2005). Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhertina. (2015). Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra.

Tandilling, E. (2012). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematik, Pemahaman Matematik, dan Self- Regulated Learningsiswa dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 24–31.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v3i2.12865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats