MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI (Implementasi Kurikulum berbasis KKNI pada Program Sarjana Melalui Pendekatan Andragogi)

Muhammad Yusuf, S. Sohiron

Abstract


Pembelajaran adalah proses interaksi mahasiswa dengan dosen dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran pada program sarjana sebagai implementasi KKNI dalam rangka untuk tercapainya capaian pembelajaran lulusan (CPL). Untuk mencapai CPL pembelajaran dikelola yang tertuang di dalam rencana pembelajaran semester (RPS). Pembelajaran dalam rangka mencapai CPL menggunakan pendekatan yang berpusat pada mahasiswa (student centred learning disingkat SCL). Pendekatan SCL dapat menerapkan pendekatan andragogi, yaitu seni dan ilmu dalam membantu peserta didik (orang dewasa) untuk belajar dengan menerapkan pendekatan dalam konsep belajar, yakni: konsep diri (the self-concept); pengalaman hidup (the role of the learner’s experience) kesiapan belajar (readiness to learn), orientasi belajar (orientation to learning), kebutuhan pengetahuan (the need toknow), motivasi (motivation).

Full Text:

PDF

References


A. Fathoni, Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI, Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam, p-ISSN: 2086-6189; e-ISSN: 2580-2453, Vol 5, No 1, 2015.

Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru SD, Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Bakri Anwar, Konsep Pendidikan Andragogi Menurut Pendidikan Islam, Al-Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, P-ISSN: 2303-050X, E-ISSN: 258-5797, Vol 6, No 1. 2017.

Cahya Edi Setyawan, Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Bahasa Arab, al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, P-ISSN: 2477-5835/E-ISSN: 2477-5827, Vol.3, No.2, Desember 2017/1439H.

Halim K. Malik, Teori Belajar Andragogi dan Aplikainya dalam Pembelajaran, INOVASI, ISSN 1693-9034, Volume 5, Nomor 2, Juni 2008.

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

Muhammad Rohman, Manajemen Pendidikan (Analisis dan solusi terhadapt kinerja manajemen kelas dan strategi pengajaran yang efektif ), Jakarta: Prestasi Pustakaraya. 2012.

Imroatus Solikhah, KKNI dalam Kurikulum Berbasis Learning Outcames, LINGUA, p-ISSN: 1979-9411; e-ISSN: 2442-238X. Vol. 12, No. 1, Maret 2015.

Jaja Suteja, Model-Model Pembelajaran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Kkni Di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning), E DU-EKSOS Jurnal Pendidikan Ekonomi Sosial, p-ISSN: 2252-9942 and e-ISSN: 2548-5008, Volume VI No 1, Juni 2017.

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indoneia (KKNI).

Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Ristekdikti, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, 2016.

Rusman, Manajemen Pendidikan, Depok: Raja Grafindo Persada, 2018.

Silvia Mariah H, Membangun Minat Belajar Mahasiswa dalam Payung KKNI Melalui Pendekatan Andragogi, School Education Journal PGSD FIP UNIMED, p-ISSN : 2355-1720, e-ISSN : 2407-4926, Vol 1, No 1, 2013.

Sudjana, H.D. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v2i2.7897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats