Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah
Abstract
Sudah tebayang dibenak kita bila kita membaca atau mendengar akat “ Administrasi Sekolah”, yang kita bayangkan sebuah lembaga pendidikan (sekolah), didalamnya terdapat sekumpulan orang yang dibagi dalam beberapa kelompok, yang aktivitasnya menyelenggarakan namanya kegiatan pendidikan. Nah dalam menjalankan aktivitas tersebut munculah namnya administrasi. Tenaga pendidik adalah ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui berbagai jenis, jalur dan jenjang pendidikan. Anak didik adalah anggota masyarakat yang akan masuk ke dalam dunia pendidikan (persekolahan) dan akan dikembalikan kepada masyarakatnya. Proses pembekalan komponenkomponen untuk hidup tersebut menjadi tugas guru sebagai tulang punggung di sekolah. Administrasi dapat dipandang sebagai proses dan dapat pula dipandang sebagai tugas (kewajiban). Administrasi sebagai proses sama dengan administrasi dalam arti luas. Administrasi sebagai proses kegiatan meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau kepemimpinan dan pengawasan atau pengendalian. Keempat komponen tersebut merupakan suatu sistem yang terpadu, yakni antara satu dengan lainnya saling berkaitan secara utuh. Artinya, perencanaan harus diorganisasikan, diarahkan, dan diawasi. Pengorganisasian juga harus direncanakan, diarahkan, dan kemudian dikendalikan. Begitu pula pengendalian pun harus direncanakan, diorganisasikan, dan diarahkan. Oleh karena itu administrasi sekolah merupakan kegiatan penyediaan, pengaturan dan pendayagunaan segenap sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah secara efektif dan efisien.
Full Text:
PDFReferences
Aliyyah, R.R.2018. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Polimedia Publising.
Bachtiar, M.Y. 2016. Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Malang: Jurnal Publikasi Pendidikan.Vol. VI, No. 3.
Bahri, Syamsul. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Volume 11 nomor 1 bulan Agustus. 16-34.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan suatu Analisa Psikologi Pendidikan ( Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1986), 176.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan..., 176
Lilis Mustopa, Administrasi Kurikulum, diakses dari https://lilismustofa.wordpress.com/2018/05/15/administrasi-kurikulum/ Pada tanggal 03 April 2021 pukul 21 : 13
Musriadi. 2018. Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif. Deepublish: CV Budi Utama.
Patsun, Pradikma Administrasi dalam Pengelolaan Sekolah. Vol. 1 No.2, Cendikia 2015, hlm. 2
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rusman, Manajemen Kurikulum. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009), hlm.3
Sri Marmoah, Administrasi dan Supervisi Pendidikan dan Praktek, (Yogyakarta : Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2018), hlm. 36-37
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, ( Jakarta : Pusat Bahasa, 2008), hlm. 13
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat (19)
Siregar, A,N dan Lubis, W. 2017. Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Medan: EducanduM. Vol. 10, No. 1.
Susanto, H.M. 2015. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Malang: Jurnal Pendidikan Humaniora. ISSN: 24423890. Vol. 3, No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i2.13057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Islamic Educational Management
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.