Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Minat Belajar, dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 1 MAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Think- Pair- Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian reflektif oleh prilaku tindakan yang dilakukan oleh guru sendiri untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan atas dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan januari dan berakhir juni 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 1 MAN 1 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah angket, kuis, tes hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata kuis pada pertemuan pertama 62,2 menjadi 77,9 pada pertemuan ke enam dan tes hasil belajar dengan rata-rata 61 pada siklus I meningkat menjadi 76 pada siklus II dengan persentase ketuntasan siswa 26,7% pada siklus I meningkat menjadi 75,9 % pada siklus II. Minat siswa dalam belajar terlihat pada perhatian belajar, kemauan, merasa senang, semangat dalam belajar dan mengerjakan tugas mengalami peningkatan dari kategori kurang menjadi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair- share dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daradjat, Zakiah, dkk. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: penerbit Bumi Aksara
Depdiknas. 2006. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dollah, Mohd.Uzi. 2006. Pengajaran dan Pembelajaran Matematik melalui Penyelesaian masalah. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka
Erman Suherman dkk .2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.
Hamalik, O., 2003, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Hudoyo, Herman. 1988. Metode Belajar dan kesulitan Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative learning di ruang kelas. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Miles, Matthew B, dan A. Michael Hubermen. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidin). Jakarta: Universitas Indonesia.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontektual dan Penerapannya. Malang. Universitas Negeri Malang.
Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Robert E. Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sanjaya,Wina 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Sardiman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Slameto.1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta.Rineka Cipta
Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif , Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, Kencana
Within.1992. Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. In J Wakefield and L. Velardi (Ed). Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria
Miles, Matthew B, dan A. Michael Hubermen. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidin). Jakarta: Universitas Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.