Meningkatkan Hasil dan Motivasi belajar Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Materi Identitas Diri di Kelas X Agama 1 MAN-1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018-2019

Marzuki Marzuki

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament yang dilihat dari motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab Materi memperkenalkan diri  di kelas Xsc Agama 1 MAN-1 Pekanbaru. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru melakukan tindakan  reflektif guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini  terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dalam 4 kali pertemuan dan siklus ke 2 dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah angket motivasi belajar daftar dan soal pengetahuan untuk Penilaian harian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar  siswa pada siklus 1 pada kategori sangat baik, baik dan cukup berturut-turut masing-masing 28,12%, 56,25% dan 15,62% sementara pada siklus 2 berturut-turut sebesar 34,37%, 59,37% dan 6,25%. Sementara Hasil belajar siswa meningkat dari 68,75 % pada siklus 1 menjadi 87,5  pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab materi memperkenalkan diri (KD 3.2) pada kelas Xsc Agama 1 MAN-1 Pekanbaru Tahun ajaran 2018-2019.


Keywords


Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Teams Games Tournament, Pembelajaran Kooperatif

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman., 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Asbullah, 2008, Peningkatan soft skill guru yang cerdas dan inovatif. Simposium Biologi FKIP. Pekanbaru.

BNSP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2004. Rambu-rambu Penetapan Standar Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar. Jakarta

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Hamzah B. Uno dan Satria Koni., 2016, Assessment Pembelajaran, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Ibrahim, Muslimin. 2010. Asesmen Berkelanjutan Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya : Unesa University Press.

Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Robert E. Slavin. (2010) Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Satriawan. 2018. http: www. Republika.co. id. [Diakses 10 maret 2019].

Silberman Mell. 1996. Active learning. Yappendis. Yogyakarta

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung

Syahza Almasdi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Diklat nasional. Pekanbaru.

Tirto. 2017. Potret Anak Indonesia, Lemah nalar Karena Kurang Membaca. http: // tirto. id/potret-anak-indonesia. [Diakses 10 Maret 2018].

Tim Pekerti-AA PPSP LPP.2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran. (Online), http://lpp.uns.ac.id/download/PANDUAN%20EVALUASI%20PEMBELAJARAN.pdf, diakses 28 Mei 2018

Tim Pustaka Yustisiya. 2007. Panduan Penyusunan KTSP Lengkap. Yogyakarta : Pustaka Yustisia

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana

https://gugumgumilarblog.wordpress.com/2015/11/03/makalah-tentang-model-model-pembelajaran-bahasa-arab/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.