PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHAYA ASAP ROKOK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhamad Syarifudin, Rian Vebrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media belajar untuk meningkatkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya asap rokok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan angket yang dibagikan kepada 25 responden siswa kelas V SDN 020 Sekijang Tapung Hilir. Data dianalisis menggunakan SPSS. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan penggunaan media memberikan banyak manfaat terhadap pemahaman siswa mengenai bahayanya asap rokok. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh menunjukkan bahwa responden secara umum menjawab iya atau setuju akan pernyataan yang diberikan. Penggunaan media mampu meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar dan memberikan kesadaran yang tinggi kepada siswa tentang bahayanya asap rokok

Keywords


Media belajar Asap rokok Efektifitas

Full Text:

PDF

References


Azwi, N.M., Nurma, Rizkiyatul, F. 2017. Analisis Undang-Undang Guru dan Dosen. Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Berhenti Merokok. Pasti Bisa. www. Kemenkes.go.id

Mardhiah, A. Dan Said A.A. 2018. Efektifitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, Vol. 6 No. 1 (2018).

Nadia, L. 2016. Pengaruh Negatif Merokok Terhadap Kesehatan dan Kesadaran Masyarakat Urban. Peran Matematika, Sains dan Teknologi dalam Mendukung Gaya Hidup Perkotaan (Urban Lifestyle) yang Berkualitas. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat Volume 03 Nomor 01, Juni 2018.

Permana, N.S. 2017. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017.

PMI.com. Dampak Merokok Terhadap Kesehatan. https://www.pmi.com/resources/docs/defaultsource/market_pages_smoke_and_health/health-effects-of-smoking_id.pdf?sfvrsn=4028b7b5_4

Putri, W.N. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Lisania : Journal of Arabic and Litrature Vol.1, No.1, 2017, pp 1-16.

Puspitasari, P., Puspita, S.J.P. dan Woro, W. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1 Nomor 2, Maret 2018.

Saputra, A.D. 2016. Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah. Jurnal Ulul Albab Volume 17 Nomor 1, Tahun 2016.

Sentra Informasi Keracunan Nasional Pusat Informasi Obat dan Makanan, Badan POM. 2016. Remaja, Tembakau dan Rokok. Jakarta.

Tyagita, B.P.A. 2018. Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola : Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 5, No. 2, Juli-Desember 2018.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.