PAIKEM berbantuan Youtube: Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi

Wahyu Handini, Rian Vebrianto, Aminudin Zuhairi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) berbantuan YouTube dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, satu sebagai kelompok eksperimen dan satu sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen menerima pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM berbantuan YouTube, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Data aktivitas belajar diperoleh dari observasi kelas, sedangkan data kemampuan menulis teks deskripsi diperoleh melalui tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan PAIKEM berbantuan YouTube secara signifikan meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran di kelas

Full Text:

PDF

References


Anwar, Z., & Awal, M. (2020). Peningkatan Aktivitas Siswa dengan Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbasis PAIKEM. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 74-85.

Asari, S., Pratiwi, S. D., Ariza, T. F., Indapratiwi, H., Putriningtyas, C. A., Vebriyanti, F., ... & Rahim, A. R. (2021). Paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1139-1148.

Aulannisa, A. (2021). Pengaruh Model Paikem Gembrot Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Pagar Alam (Doctoral dissertation, UIN FAS Bengkulu).

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39-46.

Fauziyah, R. N. (2021). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanaanyar Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 120-126.

Handayani, R., et al. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 36-44.

Handayani, R., et al. (2020). Enhancing Students' Problem-Solving and Collaboration Skills through PAIKEM Model Assisted by Audiovisual Media. Journal of Elementary Education, 8(2), 129-137

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852.

Indriayu, E. T., Prasetyo, Z. K., & Nusantara, T. (2020). Pengaruh Pendekatan PAIKEM terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 236-246.

Kasnadi, J. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Paikem Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Seluma Kabupaten Seluma (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Kholishoh, U. (2021). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Strategi PAIKEM di Kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Kuswandi, S., & Putri, N. D. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97-109.

Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish.

Liando, M. R., Kuron, G. E., & Lestari, P. Y. (2022). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Gambar Bercerita Peserta Didik Kelas V SDN 1 Srirande. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3).

Miswanto, M. (2017). Implementasi Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 110-120.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran literasi kritis berbasis pendekatan konsep untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 68-78.

Ningsih, I. H. (2019). Peran guru dalam pembelajaran menulis permulaan menghadi abad 21. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 3(1), 38-43.

Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476-485.

Rahayu, E., & Yuliardi, Y. (2018). Implementasi Model Pembelajaran PAIKEM dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 148-156.

Rianti, N. M. E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan PAIKEM berbantuan brain gym berpengaruh terhadap konsentrasi belajar IPA. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 225-237.

Sabihi, M. (2019). Penerapan Paikem Gembrot Untuk Menignkatkan Hasil Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2144-2158.

Salam, H., Parno, P., & Zainuddin, M. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis STEM dalam Menciptakan PAIKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Sub Tema 1 Sumber Energi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(11), 1727-1731.

Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24-32.

Sari, V. D., & Kusumah, Y. S. (2019). Pengaruh Pendekatan PAIKEM terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 422-430.

Sari, Y. D., & Nurhidayah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Kota Padang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.

Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan kualitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menggunakan media sosial grup whatsapp dan youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 520-526.

Simanjuntak, M. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 2(2), 228-237.

Sistadewi, M. A. (2021). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 186-194.

Sitorus, K. S., Purwaka, A., Cuesdeyeni, P., Poerwadi, P., & Mingvianita, Y. (2023, April). Penggunaan Model PJBL Pada Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Pemanfaatan Media Youtube Pada Peserta Didik Kelas X IPS-1 Semester II SMA Negeri 5 Palangka Raya Tahun Pembelajaran 2022/2023. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 155-170).

Suastika, N. S. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57-64.

Sumardjo, W. (2018). Improving Students' Communication and Creativity Skills through PAIKEM Model Assisted by Interactive Media. International Journal of Educational Research Review, 3(1), 1-7.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Susilowati, S., & Rahardjo, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 268-276.

Suyadi, A., et al. (2019). The Effect of PAIKEM Learning Model on Critical and Creative Thinking Skills of High School Students. Journal of Education and Practice, 10(26), 35-42.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2018). Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 108-115.

Wijayanti, I. D. P. A., Setyaningrum, A., & Sujatmika, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan PAIKEM terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 31-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i3.35915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.