Implementation Of Character Education In The Post-Covid-19 Pandemic Era Of Mi Students In Pekanbaru City

Zubaidah Amir, Susilawati Susilawati, Diara Rizki Prayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemic covid-19 pada siswa MI dengan menggunakan model CIPP.  Model CIPP meliputi segi konteks, input, proses, dan produk dalam pembelajaran pasca pandemic di MI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan MIxsmethod yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan kejadian mengenai objek yang akan di teliti. Data pada penelitian ini di peroleh dengan menggunakan angket. Yang mana bertujuan untuk mengetahui evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era pasca pandemic covid-19 pada siswa SD/MI. Hasil dari penelitian ini ialah evaluasi implementasi pembelajaran tematik berbasis karakter di era  pasca pandemi covid-19 pada siswa MI. Dari segi konteks, sekolah memerlukan program Pendidikan karakter sesuai visi dan misi sekolah. Dari segi input, integrasi program pendidikan karakter disesuaikan dengan kurikulum dan visi misi sekolah. Dari segi proses, partisipasi dalam terlaksananya program ini ialah kepala sekolah, guru, siswa, dan stakeholder komite orang tua. Dari segi produk, dampak program Pendidikan karakter ini sangat luar biasa bukan hanya dari siswanya, tetapi guru dan orang tua juga ikut melaksanakan.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., eds. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Complete ed. New York: Longman.

Belawati, T., 2019. Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Darmawan, D., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, H., 2012. Pendidikan Karakter : Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Majid, A., 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B. and Huberman, A. M., 2014. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Transleted by Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mulyasa, 2013. Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M., 2011. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Noddings, N., 2002. Educating Moral People: A Caring Alternative to Character Education. 60774th edition. New York: Teachers College Press.

Tohirin, 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Wuryandani, W. and Rahmanto, A., 2018. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Aisyah, D. W., Gipayana, M. and Djatmika, E. T., 2017. Mengembangkan Kebermaknaan Belajar Dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teching. In: [online]. Available from: https://www.semanticscholar.org/paper/MENGEMBANGKAN-KEBERMAKNAAN-BELAJAR-DENGAN-RANCANGAN-Aisyah-Gipayana/7c7b3a796a6bf5e2ab1e6ff966756d63587255e3 [Accessed 10 Dec 2022].

Andriansyah, I., 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi Dalam Diskusi Menggunakan Moodle Pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. masters. [online]. Universitas Pendidikan Indonesia. Available from: https://repository.upi.edu [Accessed 10 Dec 2022].

Hidayani, M., 2017. Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 15 (1), 150–165.

Hoge, J. D., 2002. Character Education, Citizenship Education, and the Social Studies. The Social Studies, 93 (3), 103–108.

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A. and Yuliati, 2014. Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165.

Setiawan, A. R., 2020. Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4 (1), 51–69.

Stufflebeam, D. L., 1971. The Relevance of the CIPP Evaluation Model for Educational Accountability. Journal of Research and Development in Education, 19–25.

Sudrajat, A., 2011. Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter [online], 1 (1). Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1316 [Accessed 10 Dec 2022].

Zhou, P., Yang, X.-L., Wang, X.-G., Hu, B., Zhang, L., Zhang, W., Si, H.-R., Zhu, Y., Li, B., Huang, C.-L., Chen, H.-D., Chen, J., Luo, Y., Guo, H., Jiang, R.-D., Liu, M.-Q., Chen, Y., Shen, X.-R., Wang, X., Zheng, X.-S., Zhao, K., Chen, Q.-J., Deng, F., Liu, L.-L., Yan, B., Zhan, F.-X., Wang, Y.-Y., Xiao, G.-F. and Shi, Z.-L., 2020. A pneumonia outbreak associated with a new coronavirus of probable bat origin. Nature, 579 (7798), 270–273.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.32677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.