Supervision of Madrasah Heads in Improving the Professional Competence of Teachers at the Darul Qur'an Al-Islamy Islamic Boarding School, Jambi

Ariza Arsul, Suharni Suharni, Radhiatul Husni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting kepala Madrasah dalam meningkatkan keterampilan profesional pendidik di Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Islamy Kabupaten Batang Hari. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, memanfaatkan lembar wawancara yang telah divalidasi untuk pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana supervisi yang diberikan oleh kepala Madrasah berkontribusi terhadap pengembangan profesional guru di lembaga tersebut. Mengajar lebih dari sekedar menyampaikan pengetahuan; ini melibatkan membina individu yang kompeten, inovatif, dan mandiri. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan pendidik dengan keahlian profesional yang tinggi sehingga memerlukan bimbingan dan dukungan dari pihak administrasi sekolah. Penelitian ini mengkaji efektivitas Supervisi Kepala Madrasah dalam meningkatkan kemampuan profesional guru di Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Islamy Kabupaten Batang Hari. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala Madrasah dan guru, dilengkapi dengan analisis dokumen. Temuan mengungkapkan proses pengawasan tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Strateginya mencakup kunjungan kelas, observasi, pertemuan pribadi, dan penilaian diri, namun teknik kelompok seperti pertemuan dan lokakarya masih kurang. Meskipun demikian, upaya ini telah meningkatkan kompetensi profesional guru secara signifikanTRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Antin, A., Dzulkifli, A. kiflee, & Norizah, D. (2018). Pengaruh Beban Tugas dan Motivasi Terhadap Keefisienan Kerja Guru Sekolah Menengah di Sabah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 3(2), 77. Retrieved from www.msocialsciences.com

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147

hanifuddin jamin. (2018). 112-Article Text-164-1-10-20180727. 19Hanifuddin Jamin: Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru | Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru, 19–36. Retrieved from file:///C:/Users/user/Downloads/112-Article Text-164-1-10-20180727.pdf

Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Muhammad Djajadi, Bambang Sumintono, dan N. M. (2012). Usaha Guru Fisika Dalam Mengembangkan Profesionalnya (Studi Kasus di Kota Makassar). Jurnal Pengajaran MIPA, 17.

Muhtamilatur Rohmah, P. (2022). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kompetensi Manajerial Di MI Al-Ma’arif 03 Langlang Singosari. An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–20.

Pramono, H. (2012). Pengaruh sistem pembinaan, sarana prasarana dan pendidikan latihan terhadap kompetensi kinerja guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar di kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(1), 7–16.

Rahman, A. (2016). Controlling. Betriebswirtschaftslehre Für Ingenieure, 12(2), 543–587. https://doi.org/10.3139/9783446441064.013

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40700

Subaedah Nurdin, M. N. (2019). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Pada Madrasah Aliyah Ddi At-Taufiq Padaelo Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. ISTIQRA’, 7.

Sukmana, S. E., Kurniawan, D., & Adi, P. W. (2018). Pendampingan Pembuatan Modul, Soal, dan Tugas Berbasis Daring untuk Guru SMP Negeri 30 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41. https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.8

Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (Smp). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271

Tamim Mulloh, & Muslim, A. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29

Zacky, A. (2016). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik ; Reaktualisasi Dan Pengembangan Kode Etik Guru Di Madrasah Aliyah Darul Amin Pamekasan Akhmad Zacky AR ( STIKA An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep ) Abstract : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 271–292




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.29275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.