Peningkatan Hasil Belajar Menyimak Berita melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VIII A3 MTs Darel Hikmah Pekanbaru

Martalena Martalena

Abstract


Penelitian tindakan kelas dilakukan di MTs Darel Hikmah Pekanbaru pada kelas VIII A3, mengidentifikasi masalah rendahnya nilai siswa dalam menyimak berita. Sebagai solusi, digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kualitatif dari observasi dan catatan lapangan menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data kuantitatif dari tes akhir siklus menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Sebelum pembelajaran, nilai keterampilan menyimak berita berada di bawah KKM, namun setelah menerapkan model Kooperatif Tipe STAD, rata-rata nilai siswa meningkat di atas KKM dan mencapai ketuntasan klasikal. Peningkatan ini dapat diatribusikan kepada kecocokan model pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian, kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar mereka dalam menyimak berita. Implikasi praktisnya adalah pentingnya penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas VIII A3 MTs Darel Hikmah Pekanbaru.

Keywords


Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menyimak berita Penelitian tindakan kelas Keaktifan siswa Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suhardjono dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Guruan Nasional Direktorat Jenderal Guruan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gimin. Murni, A. Bahar, A. Johar, R. Wilson dan Mustafa, N. (2008). Model- Model Pembelajaran. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Indradini, R.H. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Menyimak Berita dan Membaca. Surat Kabar dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 1. Pakem. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Oramahi, H. A. (2012). Jurnalistik Radio: Kiat Menulis Berita Radio. Jakarta: Erlangga.

Purwanto, N. (2008). Prinsip - prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Saddhono, K., & Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa. Indonesia Teori dan Implikasi. Bandung: Karya Putra.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Guruan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E. Robert. (2008). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i3.28436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.