Pengaruh Supervisi Akademik, Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kabupaten Indragiri Hulu

Syahli Lastri, Ajat Sudrajat, Sudarno Sudarno

Abstract


Kinerja guru merupakan salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang dapat dipengaruhi oleh supervisi akademik, motivasi kerja dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi akademik, motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni suatu proses menemukan suatu pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Sampel penelitian adalah guru SMP Negeri yang berstatus pegawai negeri sipil yang berjumlah 67 orang di Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu. Variabel independen dalam penelitian ini adalah supervisi akademik, motivasi kerja dan budaya organisasi. Sedangkan variabel dependen adalah kinerja guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data terdiri dari analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik, motivasi kerja dan budaya organisasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap kinerja guru di SMP Negeri di Kecamatan Pasir Penyu dengan arah pengaruh yang positif. Dengan demikian, faktor supervisi akademik, motivasi kerja dan budaya organisasi saling mendukung dalam memaksimalkan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Aprida, Y., Nurkhalis, dan Fitria, H. (2020). Pengaruh Motivasi Guru dan Supervisi Kepala Sekolah pada Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), pages 160-164.

Asmarazisa, D. (2018). Pengaruh Suepervisi Sekolaah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMPN 2 Batam. Jurnal Bening Prodi Manajemen. Vol. 5 No,1 ISSN : 2252-52672.

Catio, M. dan Sunarsi, D. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Disiplin Kerja Pada Kinerja Guru SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, Vol 17.

Franciscus, F., Caska dan Azhar (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja Pada Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ujungbatu. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 5 No. 2, 2832 – 2840.

Musbikah, A., Miyono, N. dan Egar, N. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Budaya Organisasi Sekolah Pada Kinerja Guru SMAN di Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), Volume 10, 261-272.

Pakpahan, G. E., Sudirman, A., Simanjuntak, J. Dan Nababan, S. (2019). Pengaruh Komunikasi, Kompetensi Guru, Budaya Organisasi pada kinerja guru SMA Swasta Sultan Agung Pematang Siantar. Journal Feb Unmul, Vol. 2, 131-138.

Pujianto., Setiawan, A. A., dan Arafat, Y. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru SDN Air Salek. Jornal of Education Research, 1 (2), Hal. 106-113.

Riyanti, D. N. (2021). Peranan Budaya Organisasional Memoderasi, Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah pada Kinerja Guru SMKN Wilayah Timur Pemalang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854), Volume 4, Nomor 1, 55-63.

Sahir, S. H., Silalahi, M., Purba, B., Ainun, W.O.N., Handiman, U. T., Dkk. (2022). Kepemimpinan dan Budaya Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sujatiningtyas, E. (2018). Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Supervisi Kepala Sekolah Pengaruhnya pada Kinerja Guru. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol. 12 (1) 2018: 8-13.

Sumarmi, W., Egar, N. dan Nurkholis. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Pad Kinerja Guru SD Di Uptd Dikbud Kabupaten Demak Kecamatan Wonosalam. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 8 No. 1.

Suprapto & Herminingsih, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional pada Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, vol 6, No. 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.25925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.