Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah san Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 001 Japura

Sarinur Hepa, M. Gorky Sembiring, Suroyo Suroyo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa, dan 3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 001 Japura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional dengan variabel independen adalah kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru, sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada guru dan siswa kelas tinggi SD Negeri 001 Japura dengan populasi 20 guru dan 100 siswa. Sampel yang digunakan adalah semua guru dan sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian persamaan regresi sederhana yaitu 1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh tidak signifikan  terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,04%, 2) profesionalisme guru berpengaruh sinifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 2,2%. Hasil persamaan regresi berganda yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 2,7% berarti 97,3% dipengaruhi faktor lain.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, A. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim sekolah dan komitmen profesional guru terhadap kinerja guru (studi kasus di MTS ma’arif NU kabupaten Banyumas). Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 22(4), 492-500.

Al Mustaqim, D. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 168-176.

Astini, N. K. S. (2019, August). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

Darmina, D., Fazira, D., & Nasution, T. (2022). Pengaruh profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ips era new normal di Smpn 1 Ketambe Aceh Tenggara. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(1), 1-10.

Fajri, A., Rahman, I. K., & Lisnawati, S. (2019). Seterategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 78-93.

Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213-219.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.

Ghozali, I. (2017). Pendekatan scientific learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1).

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Ningsih, E. K., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 100-105.

Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim heritage, 2(2), 339-368.

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221-226.

Rukmana, A. Y., & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460-472.

Saifullah, S. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 600-621.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Trihudiyatmanto, M. (2021). Peran Pandemi Covid 19 Sebagai Moderasi Hubungan Anteseden Koopetisi Dengan Perkembangan Umkm. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.25824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.