Pengaruh Media Pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Tapung Hilir pada Materi Pembentukan Tanah

Fatimah Depi Harahap, Syarifuddin Syarifuddin, Essi Fatdayanti Sirait

Abstract


Penelitian ini berawal dari rumusan masalah Pengaruh Media Pembelajaran Index Card Match (ICM) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Tapung Hilir Pada Materi Pembentukan Tanah. Penelitian ini di latar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya variasi media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakkan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji t- test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran Index Card Match (ICM). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata- rata pretest yaitu sebesar 60,42 menjadi 83,89 pada nilai postest. Maka terdapat pengaruh Media Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMAN 2 Tapung Hilir adalah 38,8%.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Japanese Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Japanese to EnglishPRO
Never translate Japanese
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF

References


Anggraini, L., Rinaldi, A., Syazali, M., & Pradana, K. C. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Dampak Model Pembelajaran ICM, CRH dan Curiosity. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 170-181.

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047-1054.

Febrienti, T. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Metode Index Card Match (Icm) Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 2 Klaten. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(2), 220-229.

Gani, Y. (2018). Penerapan Reward and Punishment melalui Tata Tertib Sistem Point dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 33-48.

Hafids, J. (2018). Karakteristik Kebijakan Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia Berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kertha Wicaksana, 12(1), 22-37.

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).

Khairunnisa, L., Ramadhan, W., Anggun, D. P., Falahudin, I., Wigati, I., Hapida, Y., ... & Destiansari, E. (2021, December). Respon Guru Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Di Beberapa Kota Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 4, No. 1, pp. 83-93).

La Fua, J., & Zuhari, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 36-54.

Ma'rufah, A. (2020). Implementasi kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (upaya mewujudkan budaya religius di sekolah). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 125-136.

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.

Pujiarti, P., Parhusip, S., Pratama, V. C. C., & Nugroho, O. F. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Proses Pembelajaran. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 4).

Raipartiwi, N. K. (2022). Penerapan metode index card macth (Index Card Match) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 589-598.

Roziqin, M. K. (2017). Metode-Metode Pendidikan Islam Dalam Mendidik Anak-Anak. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 3(1), 190-198.

Sitompul, D. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1).

Sonia, T., Alberida, H., Arsih, F., & Selaras, G. H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 78-86.

Suhardini, A. D. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 87-94.

Susanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(1), 22-36.

Utari, R. D., Saputro, S., & Martini, K. S. (2015). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-teki Silang (Tts) Dan Index Card Match (Icm) Pada Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Ditinjau Dari Kemampuan Memori Terhadap Prestasi Belajar Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA N 2 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 127-136.

Widodo, A. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pacing Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(10), 1433-1442.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.25486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.