Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Volume Penjulan Produk Indofood pada PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru

Roni Putra Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Sampel penelitian ini adalah 100 orang. Teknik data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPPS 17. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel harga dengan nilai t-hit sebesar 2,559 dan menilai t-tab sebesar 1,660 sehingga t-hit > t-tab atau 2,559 > 1,660 dan tingkat signifikansi sebesar 0,012 < 0,05 yang artinya harga secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Promosi Sedang dengan nilai t-hit sebesar 4,774 dan nilai t-tab sebesar 1,660 sehingga t-hit > t-tab atau 4,774 > 1,660 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya promosi secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. F-Hit sebesar 46,154 sedangkan F-Tab sebesar 3,09 dengan df pencacah = 2, df penyebut = 97 dan taraf signifikan α = 0,05 sehingga F-Hit > F-Tab. Dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara harga dan promosi dengan volume penjualan pada PT. Indofood Sukses Makmur. Kesimpulannya adalah Nilai Adjusted R Square sebesar 0,477 atau sebesar 47,7% hal ini berarti 47,7% dari variabel volume penjualan dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel harga dan promosi pada PT. Indofood Sukses Makmur.

Full Text:

PDF

References


Cannon, Joseph P., William D dan E Jerome. 2010. Pemasaran Dasar Edisi 16. Jakarta: Penerbit Selemba Empat

Cornelia Dumarya. M, 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan pada Perumahan Serpong Garden, Universitas Pamulang.

Djohan, Agustinus. 2016. Manajemen dan Strategi Pembelian. Malang: Media Nusa Creative

Ghozali Imam. 2016, Aplikasi Analisis Multivariete, Undip, Semarang

Johani, 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Volume Penjualan pada Koperasi IKADA Daihatsu Juanda Cabang Samarinda tahun 2013 -2016, UNMUL

Kotler dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran Jilid Satu, Edisi Keduabelas, Cetakkan Ketiga, Penerbit Erlangga.

Kodrat, David. 2010. Manajemen Distribusi. Surabaya: Graha Ilmu

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra, Wacana Media.

Malau Herman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta

Nurmansyah. 2018. Manajemen Pemasaran. Pekanbaru: Unilak Press.

Purwanto, Sulistyastuti, 2017. Cetakan kedua Metode Penelitian Kuantitatif. Gaya Media, Yogyakarta

Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosi Yang Kratif dan Analisis kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT Mardiyuana

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Publik Reletions dan Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Riduwan, 2010, Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sangadji Etta M, 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Dalam Praktik), CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Sekaran Uma, 2007. Research Methods For Business, Salemba Empat, Jakarta.

Swastha, Basu. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Sunyoto Danang. 2013, Metodologi Penelitian Akuntansi, PT. Refika Aditama, Bandung

Sujarweni Wiratna, 2017. Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi dan Hasil Penelitian, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Wahjono, Sentot. 2010. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.25440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.