Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Ayuthia R. Herman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan mengambil tahun priode 2014-2018 berjumlah 22 perusahaan. Dengan menggunakan purposive sampling. Jenis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah data skunder dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Metode analisi yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional, Dewan Direksi,Komisaris Independen, Komite Audit berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap ROA pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Elqorni. (2014). Mengenal Teori Keagenan (All Management Insight).

Alim Sumarno. (2012). Metode Kausal Komparatif. (Website www.unesa.ac.id diakses 13 Februari 2012).

Anisa Larasati. (2014). Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance,Kualitass Laba, dan nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktue yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Airlangga Surabaya.

Boediono SB Gideon. (2014). Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. Simposium Nasional Akuntansi X.

Desi Oktapiyani. (2014). Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Likuiditas Perbankan Nasional. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Eka Hardikasari. (2011). Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadapkinerja Keuangan pada industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Faisal. (2015). Analisis Agency Cost, Struktur kepemilikan dan MekanismeCorporate Governance. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. vol 8 (2).

FCGI (2014). Corporate Governance Self Assessment Corporate Governance Self Assessment Checklist. Penilaian Mandiri (Self Assessment) PraktikCorporate Governance Perusahaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.25436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.