Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas melalui Forum Diskusi Kelompok Kecil di Sekolah Dasar Binaan Kecamatan Payung Sekaki

Ermi TS

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di Sekolah Dasar Binaan Pengawas Kecamatan Payung Sekaki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru kelas Sekolah Dasar Binaan Pengawas Kecamatan Payung Sekaki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan forum diskusi kelompok kecil yang dilakukan pengawas berhasil meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar binaan pengawas kecamatan Payung Sekaki dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hal ini dapat dilihat dari temuan Kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas guru SD Negeri 137 Pekanbaru mengalami peningkatan dari 73,80 pada siklus I menjadi 88,09 pada siklus II. Selanjutnya, Kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas guru SD Negeri 159 Pekanbaru mengalami peningkatan dari 71,42 pada siklus I menjadi 90,47 pada siklus II. Dan Kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas guru SD Negeri 168 Pekanbaru mengalami peningkatan dari 76,19 pada siklus I menjadi 85,71 pada siklus II.

Keywords


Kemampuan Guru; Penelitian Tindakan Kelas; Forum Diskusi Kelompok; Kecil

Full Text:

PDF

References


Al Fath, A. M. (2020). Kemampuan Guru Kelas III SD N Pendem 2 Sumberlawang Dalam Menggunakan Forum Group Discussion Semester Ii Tahun 2019. Prakerta (Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia), 2(1), 218-226.

Amiruddin, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Membuat, Mengelola dan Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Diskusi Kelompok Kecil di Sekolah Binaan Kecamatan Modung Bangkalan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 4700-4707.

Amiruddin, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat, Mengelola dan Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Diskusi Kelompok Kecil di UPTD SDN Alasrajah 2 Kecamatan Blega Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4700-4707.

Arifin, Z. (2012). Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Asmani, J., M. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Basuki, M. B. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Menerapkan Forum Diskusi Kelompok Kecil. Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 1. Retrieved from https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/ACoMT/article/view/982

E. Mulyasa, (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rodaskarya.

E. Mulyasa, (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hardjodipuro, (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: IKIP Jakarta

Husaini, U., Setiady, P. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Kusmiah, E. (2010). Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Sukomanunggal Kota Surabaya”. Yogyakarta: Pascasarjana UNY.

Maimun, A., & Fitri, A. Z. (2010). Madrasah unggulan: Lembaga pendidikan alternatif di era kompetitif. Malang: UIN MALIKI PRESS.

Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas, cet ke-5. Jakarta: Prenadamedia Group.

SARI, I. K., YULIS, A., & Sakilah, S. Pengaruh Strategi Role Playing terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. Tsaqifa Nusantara: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial, 1(2), 167-177.

Sumi Mariyati, dkk, (2015). Efektivitas Peran dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Metro, Jurnal: FKIP Unila.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.21419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.