Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Standar Penilaian Oleh Guru PAI di SMPN 3 Pariangan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrulloh, A. (2015). Sistem penilaian dalam pembelajaran. Al Bayan, 7(2).
Anwar, S., & Fakhruddin, A. (2016). Pelaksanaan Standar Penilaian Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Studi Evaluatif terhadap Guru PAI SMP dan SMA di Bandung). Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 14(2).
Brown, G. T. L. (2019). Is Assessment for Learning Really Assessment? Frontiers in Education, 4. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00064
Depdiknas, D. P. N. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Djali dan Pudji Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Grasindo.
Hilaliyah, T. (2018). PENILAIAN BERBASIS KELAS. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 73. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3747
Irhamni. (2018). Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. JUrnal Pendidikan, 1(5).
Ismanto, I. (2014). EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.773
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekloah Menengah Pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
.
Khamim, K. (2019). Analisis Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 4(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v4n1.125-144
Maimori, R. (2017). THE DEVELOPMENT OF AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC ON HISTORY OF ISLAMIC CULTURE SUBJECT AT ISLAMIC EDUCATION DEPARTMENT OF IAIN BATUSANGKAR. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v20i2.674
Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. PT Remaja Rosdakarya.
Michael Quinn, P. (2006). Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Miftahurrohmah, M. (2014). MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAI. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.772
Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum TIngkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. EduTech, 2(1).
Putra, N. (2016). PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 4 PARIAMAN. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.31958/jaf.v3i2.403
Rahayu, Y. N., Rosyadi, R., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Analisis Standar Penilaian Pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review. Gema Wiralodra, 11(1).
Rismanto, B. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.402
Sajidan, Baedhowi, Triyanto, Totalia, S. A., & Masykuri, M. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. In Kemendikbud.Jakarta.
Saumi, S., Saiful, & Ruslan. (2016). Proses Penilaian oleh Guru PPKn di SMP Se-Kecamatan Syamtalira Aron. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1).
Schellekens, L. H., Bok, H. G. J., de Jong, L. H., van der Schaaf, M. F., Kremer, W. D. J., & van der Vleuten, C. P. M. (2021). A scoping review on the notions of Assessment as Learning (AaL), Assessment for Learning (AfL), and Assessment of Learning (AoL). In Studies in Educational Evaluation (Vol. 71). https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101094
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). PROFIL PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetatan Ke). CV Alfabeta.
Suwarno, S., & Muhtarom, M. R. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENILAIAN SISWA DENGAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING). Computer Based Information System Journal, 9(1). https://doi.org/10.33884/cbis.v9i1.3594
Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259
Yunita, Y., & Afrianto, Y. (2021). PENGINPUTAN NILAI BERBASIS APLIKASI E-RAPOT DI SMA KADER PEMBANGUNAN. INOVA-TIF, 4(1). https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5476
Zulfani Sesmiarni, dkk. (2022). Analysis the Ability of Islamic Education Teacher in Comprehending the Procedure to Make Learning Evaluation. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2248
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i3.20350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.