Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Nurjalismar Eka Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa di kelas XII MAN 1 Dumai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian merupakan siswa-siswa kelas XII MAN 1 Dumai sebanyak 30 orang. Data penelitian diperoleh dari analisis jawaban siswa pada LKS dan hasil observasi serta wawancara untuk melihat pengaruh pembelajaran problem based learning  terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Pada penelitian ini ada 5 aspek keterampilan proses sains yang diamati dengan sintaks problem based learning  yaitu, keterampilan observasi, keterampilan hipotesis, keterampilan merancang percobaan, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua keterampilan proses sains yang diamati pada kategori sangat baik dengan rata-rata 80,1 % - 95,4 %.

Keywords


Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Perkembangan dan Pertumbuhan Tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi Panduan Dalam Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka

Juliawan, Didik. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha.

Listyaningrum, Rahmawati Ika. dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi.

Rizky Dwi Fitriani dan Bambang Sugiarto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Jurnal Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya, Vol. 2, No. 3

Rusman,. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi 1, Jakarta: Rajawali Pers

Zulfiani, Tonih Feronika, dan Kinkin Suartini. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i1.19473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.