Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan melalui Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup pada Mahasiswa PGMI

Rahmah Zaqiyatul Munawaroh, Abroto Abroto, Aninditya Sri Nugraheni, Yayan Carlian

Abstract


Pendidikan Lingkungan Hidup menjadi salah satu upaya dalam pencegahan kerusakan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Tujuan dari Pendidikan Lingkungan Hidup adalah menciptakan masyarakat yang memiliki kepedulian dan mau bekerja untuk memberi solusi terhadap lingkungan, mengubah perilaku individu menjadi perilaku yang ramah lingkungan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan uji kredibilitas dengan Teknik triangulasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa PGMI sudah mampu mengimplementasikan pemahaman pelestarian lingkungan dalam bentuk sikap peduli lingkungan yang diterapkan di kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa pembiasaan yang dilakukan diantaranya: 1) Menanam tanaman di sekitar rumah, 2) Mengumpulkan botol bekas minuman, 3) Membawa minum dari rumah menggunakan tumbler minum, 4) Membawa tas belanja dari rumah untuk meminimalisir penggunaan plastik, 5) mengikuti penyululuhan penghijauan dan Menanam pohon di area sungai, dan lainnya.

Keywords


Nilai Karakter, Peduli Lingkungan, Pendidikan Lingkungan Hidup

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Nugraheni, A. S., & Awliyah, R. F. (2022). The Role of the Family in the Moral Education of Children. Jurnal Basicedu, 6(2), 2717–2723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2507

Aeni, N., Nursalam, N., & Idawati, I. (2020). Implementasi Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup. Indonesian Journal of Primary Education. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/29432

Berdame, J., & Lombogia, C. A. R. (2020). Merajut Tradisi Di Tengah Transisi: Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Dalam Budaya Mapalus Suku Minahasa. Tumou Tou. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/tumoutou/article/view/458

Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 56–63.

Chandrawati, T. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Literasi Lingkungan Terkait Dengan Pendidikan Lingkungan Hidup. … Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid …. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/897

Hidayanti, N., Abidin, Z., & Husna, A. (2018). Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di SDN Lowokwaru 2 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan …. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/4111

Hidayatusshalihah, & Nadzifah, L. (2018). Aplikasi Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Anak Tingkat Sekolah Dasar Dalam Membentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. Journal.Ipmafa.Ac.Id. https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/islamicreview/article/view/144

Indrianti, S. Y., Sardjono, M. A., & Saragih, B. (2021). POTENSI PENARIK DARI PURIDUTA ARBORETUM SEMPAJA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. repository.unmul.ac.id. https://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/16006

Indriyana, T., & Tjahjono, H. (2020). Peran Warga Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Sekolah Adiwiyata di SMPP N 31 Semarang Tahun 2019. In Edu Geography. journal.unnes.ac.id. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/41206/16973

Istiqomah, I. (2019). Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 6(2), 95–103.

Jeramat, E., Mulu, H., Jehadus, E., & ... (2019). Penanaman sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab melalui pembelajaran ipa pada siswa smp. In Journal of Komodo …. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/Hildegardis-Mulu/publication/335609121_PENANAMAN_SIKAP_PEDULI_LINGKUNGAN_DAN_TANGGUNG_JAWAB_MELALUI_PEMBELAJARAN_IPA_PADA_SISWA_SMP/links/5d6fd01f4585151ee49dfb6b/PENANAMAN-SIKAP-PEDULI-LINGKUNGAN-DAN-TANGGUNG-JAWAB-MELALUI-PEMBELAJARAN-IPA-PADA-SISWA-SMP.pdf

Khoiri, A., & Peterianus, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup dalam Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan. Jurnal Basicedu. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1519

Lelyemin, M. B. C. (2021). REALISASI PEMENUHAN HAK ATAS LINGKUNGAN HIDUP YANG BAIK DAN SEHAT MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI PUSAT KEGIATAN …. e-journal.uajy.ac.id. http://e-journal.uajy.ac.id/24483/

Maimunah, M., & Rosadi, K. I. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISTEM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEBIJAKAN POLITIK PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 249–265. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.446

Sabardi, L.-. (2014). PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. Yustisia Jurnal Hukum, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/yustisia.v3i1.10120

Sugiyono, M. (2019). Penelitian dan pengembangan Research and development. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. In Bio Educatio. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/228883665.pdf

Wulandari, T. R. (2018). Penanaman nilai karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran pendidikan Lingkungan Hidup pada kelas XII SMAN 1 Mejayan Kabupaten madiun. repository.um.ac.id. http://repository.um.ac.id/52313/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v5i1.19102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.