Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Sabri Sabri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa melalui model pembelajaran explicit intruction di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa, sedangkan observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Explicit Instruction. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) aktivitas guru dalam penerapan model ini pada siklus 1 adalah 84.50 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 90.50. 2) aktivitas siswa dalam penerapan model ini pada siklus 1 adalah 82.00 dan pada siklus 2 adalah 89.50. 3) keterampilan menulis siswa pada siklus 1 adalah 75.80 sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 88.70. Penelitian ini membuktikan bahwa Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Agriyati, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Teks Editorial Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4(1), 40–53. Retrieved from http://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd/article/view/385

Arikunto Suharsimi, D. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis, A. R. (2021). Model Explicit Instruction dalam Pembelajaran Membuat Poster. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 5(2), 98-107.

http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/887

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2014). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Putra, C. A., Setiawan, M. A., Jailani, M., & Permadi, A. S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Rosenshine, B., & Stevens, R. (1986). Teaching functions. In M. C. Wittrock (Ed.). Handbook of research on teaching, 3rd ed. (pp. 376-391). New York: Macmillan.

Santoso, P. dkk. (2009). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slamet. (2008). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indenesia. Surakarta: LPP dan UPT Penerbiatan dan Percetakan UNS (UNS Press.

Sudrajat, A. (2011). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: angkasa.

Triyanto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.