Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Efikasi Diri terhadap Etos Kerja Guru Perempuan di SD Negeri Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir

Nirmalawati Nirmalawati, Azhar Azhar, Gimin Gimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh Motivasi Berprestasi dan Efikasi Diri terhadap Etos Kerja Guru Perempuan di SD Negeri Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 49 responden dari 94 orang guru SD perempuan yang berada di Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Selalu, Sering, Kadang-Kadang, Jarang, dan Tidak Pernah. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data diperoleh pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi (X1) terhadap etos kerja guru (Y) perempuan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir, dan besar pengaruhnya adalah 21,3% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat sebesar 78,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; selanjutnya, Diperoleh pengaruh yang signifikan antara variabel efikasi diri (X2) terhadap etos kerja guru (Y) perempuan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir dan besar pengaruhnya adalah 24,1% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat sebesar 75,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan Diperoleh pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi berprestasi (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap etos kerja guru (Y) perempuan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir dan besar pengaruhnya 29,2% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat sebesar 70,8% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2005). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online). http://www.depdiknas.go.id, diakses 6 April 2020.

Laksono, M. R. D. (2019). Pengaruh Pengawasan Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bri Unit Sawit Seberang Dan Unit Batang Serangan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54-64.

Rahmana, D., & SPsi, A. D. S. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Performansi Kerja Pada Karyawan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rizwan. (2015). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohmah, N. (2018). Integrasi kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam meningkatkan etos kerja. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 77-102.

Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK NEGERI 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 1-10.

Sidabutar, S. L. M., Siburian, P., & Bintang, S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Komitmen Organisasi Guru SMP Negeri Kecamatan Simanindo dan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. TABULARASA, 14(3), 205-216.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Usman. (2008). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Waang, M., & Ahmad, M. (2019). Pengaruh Efektivitas Manajerial Kepala Sekolah dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 98-105.

Warsiki, A. Y. N., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Self-Concept dan Self-Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis KKNI. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 17(2), 245-256.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.19069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.