Pengaruh Kompensasi, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Swasta di Kecamatan Pangkalan Kerinci

Hilda Sari Ardina, Isjoni Isjoni, Daviq Chairilsyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi, komunikasi interpersonal dan motivasi kerja Guru baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Kinerja Guru SMP Swasta se Pangkalan Kerinci. Populasi dari Penelitian ini berjumlah 155 guru. Ukuran Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Taro Yamane yang berjumlah 112 Guru. Teknik Penarikan sampel menggunakan Simple random Sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari guru SMP Swasta se Pangkalan Kerinci. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Analisa Jalur dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompensasi, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMP baik secara simultan maupun secara parsial.

Keywords


Compensation Interpersonal Communication; Work Motivation; Teacher Performance;

Full Text:

PDF

References


Agus M. Hardjana., 2003, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Kanisius, Yogyakarta

Deni Darmawan., 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Fitrina Afrianti., (2017), Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Pada SMA N 6 Kerinci Kecamatan Danau Kerinci, dalam Jurnal Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, September 2017, Padang.

Hasibuan., 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.

Hartiningsih., 2015, Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademis Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Se Kota Yogyakarta, dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume III, Nomor 3, September 2015, Yogyakarta.

Imam Ghozali., 2016. Aplikasi Analisis Multivariate, Badan penerbit Universitas Diponogoro, Semarang.

Irham Fahmi., 2014, Perilaku Organisasi, Alfabeta, Bandung

Kompri., 2015, Manajemen Pendidikan, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Mohammad Ali., 2014, Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Oky Lely Wenny., (2013), “Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Guru Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Pada MAN Barangin Sawah Lunto”, Jurnal al-Fikrah, Vol. I, No. 1, Padang

Puspo Binatmo., 2017. Hubungan Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume VII, Nomor 3, September 2017, Jakarta.

Riduan., 2017, Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai Path Ananlysis (Analisa Jalur), Cetakan Ketujuh, Alfabeta, Bandung.

Raden Roro Suci Nurdianti., 2017, Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri Di Kota Bandung, dalam Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Vol. 18 No. 2, Bandung.

Riesminingsih., 2013, Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMA Yadika 3 Karang Tengah, dalam Jurnal MIX, Volume III, No. 3, Oktober 2013, Jakarta.

Sulistiawati Paita., (2015), Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Kerja Pada Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keagamaan Manado, Jurnal EMBA Vol.3 No.3, Manado

Sumartono., 2016, Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Di Kecamatan Samigaluh Kulon Progo Yogyakarta. Wiyata dharma, dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume IV, Nomor 1, Januari 2016, Yogyakarta.

St. Nur Humaih Halim, Suwardi Anas., 2018, Pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis) Pada Kinerja Guru Matematika Sma Negeri Di Kota Makassar Ditinjau Dari Motivasi Kerja, Komitmen Kerja, Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Pedagogik, dalam JURNAL MSA, VOL. 6 NO. 1 ED, Jan – Juni 2018, Makasar.

Taufik Ismail., (2017), Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi Kerja, Dan Kinerja Guru SD Negeri, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.XXIV No.1, Bandung.

Trisni Handayani , (2015), Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Guru, Jurnal Utilitas, Vol. 1 No. 1, Jakarta.

Wardani Purnama Sari., Pengaruh Gaji Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Swasta Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau, Jurnal TINGKAP Vol. XII No. 1, Riau

Wibowo., 2007, Manajemen Kinerja, Edisi Keempat, Rajawali Pers, Jakarta

Winardi, J., 2009, Manajemen Perilaku Organisasi, Kencana, Jakarta.

Yeni Murniasih.,(2016), Pengaruh Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Jepara, Journal of Economic Education Vol.5 No 2, Semarang.

Yesmira Syamra., (2016), Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Pariwisata Di Kota Padang, Journal of Economic and Economic Education, Vol.4 No.2, Padang.

Zulfan Saam., 2019, Psikologi Keperawatan, Edisi 1, Cetakan 5, Rajawali Pers, Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i2.14649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.