Peningkatan Volume Penjualan Malalui Strategi Distribusi dalam Ekonomi Syariah

Ilham Chanra Putra

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya volume penjualan pada Graha Pratama Fish, namun Graha Pratama Fish belum memiliki agen resmi di setiap daerah untuk menyalurkan distribusi. Strategi distribusi merupakan  bermacam kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk lebih mudah diperoleh atau tersedia untuk pasar sasaran. Dengan tujuan agar konsumen dapat dengan mudah memperoleh barang yang konsumen butuhkan. Semakin baiknya strategi distribusi maka hal ini akan meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada pada Graha Pratama Fish di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulam data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskristif kualitatif. Adapun populasi penelitian ini berjumlah (5) lima orang, dan semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini yaitu Strategi distribusi yang digunakan oleh Graha Pratama Fish  adalah strategi distribusi ekslusif. Strategi distribusi ekslusif yaitu, mendistribusikan produk melalui satu saluran dan beberapa anggota saluran (pedagang dan outlet). Saluran distribusi yang digunakan oleh Graha Pratama Fish adalah saluran langsung dan saluran tiga tingkat. Saluran langsung yaitu, produsen berada langsung pada konsumen (Graha Pratama Fish – Konsumen), dan saluran tidak langsung (produsen-agen-pedagang besar-konsumen). Saluran tiga tingkat atau saluran tidak langsung (produsen-agen-pedagang besar-konsumen) yaitu produsen memilih agen (agen penjualan atau agen pabrik) sebagai penyalurnya. Agen penjualan menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar. Strategi dalam meningkatkan volume penjualan di Graha Pratama fish secara umum sudah sesuai dengan ekonomi syariah dalam mendistribusikan produk Graha Prtama Fish memiliki prinsip keadilan, tanggung jawab hingga produk sampai ke tangan konsumen.


Full Text:

PDF

References


Albi Anggito, Metode Penelitian Kualitatif, (Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018), h.145.

Arif Yusuf Amali, Pemahaman Strategi & Kewirausahaan, (Jakarta: Kencana, 2016), h. 17.

Basu Swastha , Azas-azas Marketing (Yogyakarta: Liberty Offset, 1996), h. 207.

Emzir, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Raja Wali Pers, 2011), h. 3.

Helaluddin, Analisis Data Kualit: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik, (Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffari, 2019), h. 74.

Istijanto, Riset Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013), h. 32.

Kansil, Pokok-Pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia, (Jakarta: Sinar Grafika, 2002), h. 24.

Mamik, Metodologi Kualitatif (Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015), h. 44.

Muh. Fitrah, Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas dan studi kasus, (Jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018), h.152.

Muslich Ansori, Metode penelitian kuantitatif edisi 2, (Surabaya: Airlangga University Press, 2020), h. 115.

Siti Maro’ah, Buku Ajar Marketing Syariah. (Jawa Timur: Penerbit Qiara Media, 2019), h. 31.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: CV. Alfabeta, 2010) , h. 115.

Sukandarrumidi, Dasar-Dasar Penulisan Proposal Penelitian, (Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas press, 2014), Cet- 2, h. 35.

Ujang sumawan, Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, (Bogor: IPB Press, 2019), h. 389.

Ujang sumawan, Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen, (Bogor: IPB Press, 2019), h. 389.

Warnadi, Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: Deepublish, 2019), h. 73.

Widarto Rachbini, Penerapan Metoda Analytical Hierarchi Process pada Strategi Pemasaran Produk, (Banten: CV. AA. Rizky, 2019), h. 18.

Widarto Rachbini, Penerapan Metoda Analytical Hierarchi Process pada Strategi Pemasaran Produk, (Banten: CV. AA. Rizky, 2019), h. 18




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ibf.v4i1.21824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IBF/index


 

Creative Commons LicenseIBF by https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IBF/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats