Pengaruh Kualitas Pelayanan Nasabah terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Kredit Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (Btpn) Syariah Pekanbaru KCP. Rumbai

Mustoyo Mustoyo

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah Pekanbaru KCP Rumbai.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan nasabah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah kredit pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional BTPN Syariah Pekanbaru KCP Rumbai.. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang berjumlah 90 orang, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuisioner dan wawancara. Metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Bedasarkan hasil pengujian hipotesis nilai thitung (3,639) > ttabel (1,990), maka H0 ditolak, H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa diduga ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan Nasabah Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Kredit pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah Pekanbaru KCP Rumbai. Dari pengujian reabilitas variable peningkatan dinyatakan bahwa r alpha sebesar 0,776. Dari uji regresi sederhana Konstanta (a) = 21,589, menyatakan bahwa jika tidak ada kualitas pelayanan = 0, maka peningkatan jumlah nasaabah akan tetap sebesar 21,589. Koefisien X = 0,239, variabel kualitas pelayanan  terhadap peningkatan jumlah nasaabah  dengan koefisien regresi sebesar 0,239. R sebesar 0,362 berarti pengaruh antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel peningkatan jumlah nasaabah  sebesar 36,2%. Hal ini berarti hubungannya erat.


Keywords


Kualitas Pelayanan dan Peningkatan Jumlah Nasabah

Full Text:

PDF

References


Al Arif, Muhammad Nur Rianto. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

A.S. Munandar,2001.Psikologi Industri Dan Organisasi,Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta

Dwi Perwitasari Wiryaningtyas. 2016. Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit Pada Bank Kredit Desa Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth. Volume 14 Nomor 2.

Fahrudin, Muhammad Fajar, (2015) “Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Mandiri Di Surabaya” Artikel Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.

Febriana, Nina Indah. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. (AN-NISBAH, Vol. 03, No. 1, 145-168).

Guspul, Ahmad. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo). (Jurnal PPKM UNSIQ I, 40-54).

Handoko,Hani,T,2011.Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia,Edisi Kedua,Cetakan XVIII,BPFE, Yogyakarta.https://www.btpnsyariah.com) yang diakses pada tanggal 2 oktober 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats