Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pengiriman barang terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan di PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru berjumlah 90 orang. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dengan menggunakan validitas, reliabilitas, R2 dan uji t. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (variabel bebas) dan variabel terikat (variabel terikat).
Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai korelasi R = 0,521 yang menunjukkan adanya hubungan yang erat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru. Sedangkan R-square sebesar 0,403 yang dapat berarti kualitas pelayanan mempunyai kontribusi sebesar 40,3% terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru. Secara parsial diperoleh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Inti Duta Logistik Pekanbaru dengan signifikan 0,002 lebih kecil dari alpha 0,05. Dengan persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini : Y = 6,489 + 0,113X.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani, Dwi & Febrina Rosinta, (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal limn Administrasi dan Organisasi, 17(2), 114-126.
Atmaja, Aditama Kusuma. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Tiket Garuda Di PT Fatah Fantastic Tour Travel Bogor). Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegor
Panjaitan, Januar Efendi. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2 September 2016.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I edisi kedua belas. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1, edisi Ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, Cristhoper & Lauren Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro (Cetakan Kedua). Jakarta: PT Indeks.
Normasari, Selvi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 Desember 2013.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Saidani, Basrah. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Research Manajemen Sains Indonesia Vol. 3 No.1 2012.
Suripto, Teguh. 2012. Manajemen Sdm Dalam Prespektif Ekonomi Islam : Tinjauan Manajemen Sdm Dalam Industri Bisnis. Volume II, No.2 Desember.
Tjiptono, Fandy. (2009). Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis
Yuliarmi, Ni Nyoman & Putu Riyasa. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan PDAM kota Denpasar , 12(1), 9-28.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Diindeksasi Oleh :
Alamat Redaksi :
Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.
Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK
View My Stats