Pengaruh Harga dan Label Halal terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI)

Deswita Satria, Khairul Saputra

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada konsumen Business Center Pekanbaru. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI pada konsumen Business Center Pekanbaru, untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI pada konsumen Business center Pekanbaru, untuk menganalisis pengaruh harga dan label halal secara simultan terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI pada konsumen Business Center Pekanbaru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan label halal secara parsial diketahui bahwa thitung > ttabel (3,254 > 2,01174) yang artinya mempunyai hubungan dan berpengaruh terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI Label halal yang tercantum dalam kemasan produk kosmetik HPAI. Secara simultan diketahui bahwa nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 39,275 dengan nilai signifikan (α) 0,000 yang artinya harga dan label halal mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI. Dan Nilai Koefisien determinasi variabel sebesar 62,6%, sedangkan sisa 37,4% di pengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Harga, Label Halal, Minat Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Burhanudin. 2011, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul,” Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol. 2, No. 1, pp. 68 – 81.

Cahyati, Riskka. “Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Caffe pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.” Skripsi, Universitas 17 Agustus 1945.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Izzudin, Ahmad. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner Jember.” Jurnal. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember. 2018.

Kumalasari, Reni “Pengaruh Harga dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI)” Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo, Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.2019.

Makrufah, Ismi Aziz “Pengaruh Citra Merek dan Lebel Halal Terhadap Kepuasan Pembelian Kosmetik (Studi kasus pada Konsumsi di Toserba Laris Kertasura).” Skripsi, IAIN Surakarta. Surakarta, 2017.

Muhammad, Asy’arie. “Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi, dan Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Samyang di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta, 2018.

Purnomo, Eko. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Membeli Beras Lokal.” Skripsi, Universitas Pasir Pengaraian. Pengaraian. 2016.

Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma.

Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.

Sudrajat, Anjang. “Analisis Pencantuman Marek, Kemasan, Label Halal,Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Cepat Saji Waralaba Internasional dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi.” Skripsi. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2018.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Wulandari, Hetty Sri. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang.” Skripsi, UIN Walisongo Semarang. Semarang, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i3.31457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats