Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Soal Matematika Ekonomi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi: Perspektif Koneksi Matematis

Indah Wati, Ristiliana Ristiliana, Paijan Rambe, Emilia Susanti

Abstract


Abstrak

Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis dan menggambarkan kesulitan dalam penyelesaian soal matematika ekonomi, dilihat dari perspektif koneksi matematis pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun subjek yang diambil adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, semester 2 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, berjumlah 104 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Tes terdiri dari 4 soal uraian yang bertujuan untuk menilai tingkat kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Wawancara dilakukan dengan 6 mahasiswa, masing-masing 2 mahasiswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah, menggunakan pedoman wawancara terstruktur untuk menemukan kesulitan yang dihadapi berdasarkan jawaban mereka pada tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Milles dan Huberman, yang meliputi reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa yang memiliki Koneksi matematika tinggi, cenderung tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Mahasiswa dengan kategori koneksi matematis sedang cenderung mengalami kesulitan dalam penerapan prinsip dan penyelesaian masalah verbal. Mahasiswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah cenderung mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal.

 

Abstract

The objective of this research is to analyze and describe the difficulties in solving economic mathematics problems from the perspective of mathematical connections among students of the Economics Education Study Program. This study is a qualitative descriptive research using a case study approach. The subjects taken are 104 second-semester students of the Economics Education Study Program at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Suska Riau. Data were collected through tests and interviews. The test consists of 4 essay questions aimed at assessing the students' level of mathematical connection ability. Interviews were conducted with 6 students, comprising 2 students with high, medium, and low mathematical connection abilities, respectively, using structured interview guidelines to identify the difficulties faced based on their answers to the written test. The data obtained were analyzed using the Milles and Huberman method, which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions or data verification. From the conducted research, the results obtained indicate that students with high mathematical connection abilities tend not to experience difficulties in solving problems. Students with medium mathematical connection abilities tend to experience difficulties in the application of principles and solving verbal problems. Students with low mathematical connection abilities tend to have difficulties in understanding concepts, applying principles, and solving verbal problems.

 

 

Keywords


Kata kunci: Kesulitan, Matematika Ekonomi, Koneksi Matemati

Full Text:

PDF

References


Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 161-178.

Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat, 231-241.

Andriani, N., Sutarto, & Febrilia, B. R. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran SMPN 3 Narmada Ditinjau dari Peta Kognitif. JPIn (Jurnal Pendidik Indonesia), 72-84.

Bakhril, M. S., & Kartono, D. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 754-758). Semarang: UNNES.

Dewi, N. K., Zainuddin, U., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Jurnal PRIMATIKA, 61-70.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 315-322.

Indah Wati, Mhmd. Habibi, dan Nasrul NS. (2023). Matematika Ekonomi Integrasi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Laili, F. J., & Puspasari, R. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1-10.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Nurainah, Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun DAtar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 37-43.

Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 17-26.

Romli, M. (2017). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Maslah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 145-157.

Sholekah, L. M., Anggraeni, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 151-164.

Subanji. (2015). Teori Kesalahan Konstruk Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugianto, I. U., & Qohar, A. (2020). Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X. SQUARE : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 82-88.

Wirawan, N. (2002). Cara Mudah Memahami Matematika Ekonomi Edisi Ketiga. Denpasar: Keraras Emas.

Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 268-274.Ditulis di belakang SIMPULAN DAN SARAN, dengan mengikuti gaya selingkung E-Journal, seperti tercantum dalam Guideline jurnal ini (yang meratifikasi APA Edisi IV).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v7i1.30134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats