Pengaruh Media Sosial dan Mesin Pencari Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM

Deni Gunawan

Abstract


This study aims to identify and evaluate elements of search engine optimization and social media activity that influence online purchasing decisions. In addition, the second objective of the study was to analyze the factors from internet advertising, social media, and search engine optimization that influence online purchase decisions. The method used in this study is descriptive and quantitative, with a qualitative literature survey approach to analyze data obtained from previous articles and journals. The results showed that search engine optimization and social media activity separately had a significant impact on increasing sales, while the combination of the two also had a significant impact on increasing sales

Keywords


media sosial, mesin pencari, pemasaran digital, penjualan, usaha mikro kecil dan menengah

Full Text:

PDF

References


Arfan, Nur Nadiah. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Makassar.

Ayu, Okta Putri (2022). Pengaruh Media Social Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan UMKM (Studi Kasus Pedagang kuliner UMKM di Kecamatan Ujungbatu). Hierarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Bisnis, B. &; Handaruwati, I. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online. Buletin Bisnis &; Manajemen, 3(1), 41-52.

Dewi, Adhita Maharani (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Ekonika: Jurnal Ekonomi – Universitas Kadiri, 3(1), 1-22.

Dwijayanti, A. & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital Menggunakan e-Commerce dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Pempek 4 Beradek di Masa Pandemi Covid-19. Ikraith-Abdimas, 4(2), 68-73.

Elvina. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Ecobisma, 2(1).

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Rayendra, A., & Maritim Nusantara, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantarsari Cilacap, Program Doktor Ilmu Manajemen UNSOED. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Himawan, Arisantoso, & Saefullah, Asep. (2015). Analisa Pengaruh Penggunaan Search Engine Optimazation (SEO) Pada Website E-commerce. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Dampak Jurnal: Implementasi dan Aksi, 2(2).

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Pengguna dunia, bersatulah! Tantangan dan peluang Media Sosial. Cakrawala Bisnis, 53 (1), 59-68.

Krisnawati &; Devi (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Startegi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia (Studi Kasus: UMKM Kuliner Tanpa Restoran "Kepiting Nyinyir"). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 2338-4794.

Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities Dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2).

Marudut, V., & Siregar, M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Penjualan Produk. Model Penerimaan Teknologi, 9(1), 15-21.

Pandaoni, J., & Ardiansah, I. (2022). Metode Search Engine Optimazation Sebagai Strategi Pemasaran Digital Bagi UKM W1000K. Radial: Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa dan Teknologi, 10(1), 154-168.

Rahmana, A., Fauzi, M., & Suyono, A. M. (2021). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis di Era New Normal di Kota Banding. Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Royle, J., & Laing, A. (2014). Kesenjangan keterampilan Pemasaran Digital: Mengembangkan Model Pemasar Digital Untuk Industri Komunikasi. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 34(2), 65–73.

Tan, W., Simanjuntak, Nilla Sari., Lim, E., Chang, J., Tan Virgian, R., & Nur Islami, S. (2021). Prosiding Konferensi Nasional Proyek Pengabdian kepada Masyarakat (NaCosPro) Strategi Penjualan Digital dan Branding UMK Tanjungpinang Kedai Kopi Matahari di Masa Pandemi Covid-19, 3(1).

Wiji Susanti, Kasmi, Noca Yolanda Sari & Muhammad Muslihudin. (2015). Pengembangan Elektronik Commerce Dalam Proses Peningkatan UKM Pada Dekranasda Kabupaten Pringsewu, Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v7i1.30069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats