The Effects of Learning Readiness on Students' Self Regulated Learning in Economics Subjects at SMAN 1 Moro Karimun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Moro Kabupaten Karimun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 1 Moro Kabupaten Karimun Sebanyak 135 Siswa. Sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, yang diperoleh jumlah sampel sebanyak 101 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dari Hasil Penelitian diketahui bahwa tingkat kesiapan belajar siswa tergolong baik dengan persentase sebesar 74,24% sedangkan kemandirian belajar siswa tergolongan baik dengan persentase sebesar 77,27%. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa kesiapan belajar terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 61,3% yang berarti semakin tinggi tingkat kesiapan belajar siswa maka kemandirian belajar siswa akan semakin baik dan sebaliknya semakin rendah tingkat kesiapan belajar siswa maka kemandirian belajar siswa juga akan semakin rendah dan sisanya sebesar 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackKeywords
Full Text:
PDFReferences
B Vovi Sinta , Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Volume 1, No. 1, 2017.
Rizki, Upik Yunia, Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Optimisme Mengerjakan Ujian, Jurnal Educational Psychology, Journal 2 (1)
(2013).
Purba, Pratiwi Bernadetta Dkk, 2021, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Yayasan kita menulis.
Somawati, Pengaruh Kecemasan dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMA Negeri di Kecamatan Pasar Rebo, Research and Development Journal of Education, Vol. 3 No.1 Oktober 2016 ,
Wiwik Suciati, 2016, Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosiaonal dan Kemadirian Belajar, Bandung: CV.Rasi Terbit.
Tahar Irzan dan Enceng, Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 7, Nomor 2, 2006.
Susanti Lidia, 2020, Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, Solo: Elex Media Komputindo PT.
Syahputra Dedi, Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami, Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan, Jurnal At- Tawassuth, Vol. II, No.2, 2017
Aryanti Zusy, Kesiapan Anak Saat Memasuki Sekolah Dasar,Jurnal Elementary , Vol. I Edisi 2 Juli 2015
Hidayat, Wahyuningsih dan Lisnawati, Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, Vol. 5 No. 2, Des. 2019
Marsela Ramadona Dwi dan Mamat Supriatna, Kontrol Diri : Definisi dan Faktor, Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research (2019),Vol.3, No.2, Agustus 2019.
K Ponco Dewi, Roni Faslah dan Latifah BudiArsih, Pengaruh Kesiapan Belajar dan Motivasi Belajar Tentang Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Keuangan Administrasi SMKN62 Jakarta, Jurnal Ilmiah Econosains, Vol. 15 No. 1
Maret 2017
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, 2015, Jakarta : Rineka Cipta.
Prayitno Fauziah, dan Yeni Karneli , Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral, Jurnal Pendidikan dan Koseling, Vol. 10, No. 1, Januari-Juni 2020.
Daryanto , Belajar dan Mengajar, 2010, Bandung : CV. Yrama Widya.
Mudjiman Haris, Belajar Mandiri, 2011, Jawa Tengah : Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT .
Melisa, Gusnita, dan Hafizah Delyana, Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq), Jurnal BSIS, Vol 3 No 2 April 2021
Aziz Azhar dan Basry, Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan diri dengan Kemandirian Siswa SMP N 2 Pangkalan Susu, Jurnal Psychomutiara, Volume 1 No 1 2017.
Wahyu Endang Winartiningsih, Siti Halimah dan Mahmu’ddin, Analisis Kemandirian Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII MTSN
Kotim, Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, Equilibria Pendidikan, Vol. 3 , No. 1 , 2018.
Triana Harmini, Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Kalkulus, Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 2,
Agustus 2017
Al Fatihah Miftaqul,” Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta”, Vol 1 No 2,2016
Sugianto Irfan, Savitri Suryandari, dan Larasati Diyas Age,Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.3 Agustus 2020.
Siahaan Saefullah, dan Sari, Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan
Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika 1 (2013),
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2020 , Bandung: Alfabeta.
Edy Purwanto, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016)
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian, 2002, Bandung : Alfabeta.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, 2015, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 2013, Jakarta: Rineka Cipta.
Hartono, Analisis Item Instrumen, 2015, Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, 2018, Depok : Rajawali Pers.
Hartono, Statistik Untuk Penelitian, 2010, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Saragih Fernando, 2022, Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Kemandirian Belajar pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Penerapan Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas), Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v6i2.26772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Diindeksasi Oleh :
Alamat Redaksi :
Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.
Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK
View My Stats