Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Problem Solving Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru

Miftahul Shulha Badriyah, Akmal Akmal

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, menggunakan pola pikir yang maksimal, menciptakan proses pembelajaran yang aktif dengan menerapkan problem solving pada LKS, dan menyenangkan pada pembelajaran Ekonomi di MA. Hasanah Kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Dengn menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Prosedur penelitian dan pengembangan produk terdiri dari analisis kebutuhan/masalah, tahap pengembangan produk, tahap uji valid, tahap revisi, tahap uji coba. Validasi produk LKS dilakukan oleh dua orang dosen Pendidikan Ekonomi dan satu Guru Mata Pelajaran Ekonomi di MA Hasanah Pekanbaru. Uji coba dilakukan satu kali yaitu dilakukan dikelas XI IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dokumentasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang telah didesain mendapat presentase kevalidan ahli media sebesar 85%, kevalidan dari ahli materi berjumlah 89% dan praktikalitas guru 91% dengan respon dari siswa berjumlah 95%. Maka dari penilaian dan presentase Lembar Kerja Siswa tersebut layak digunakan untuk pembelajaran Ekonomi materi kerjasama ekonomi internasional bagi siswa kelas XI IPS MA. Hasanah.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack  This page is in Indonesian Translate to English    
  • Afrikaans
  • Albanian
  • Amharic
  • Arabic
  • Armenian
  • Azerbaijani
  • Bengali
  • Bulgarian
  • Catalan
  • Croatian
  • Czech
  • Danish
  • Dutch
  • English
  • Estonian
  • Finnish
  • French
  • German
  • Greek
  • Gujarati
  • Haitian Creole
  • Hebrew
  • Hindi
  • Hungarian
  • Icelandic
  • Indonesian
  • Italian
  • Japanese
  • Kannada
  • Kazakh
  • Khmer
  • Korean
  • Kurdish (Kurmanji)
  • Lao
  • Latvian
  • Lithuanian
  • Malagasy
  • Malay
  • Malayalam
  • Maltese
  • Maori
  • Marathi
  • Myanmar (Burmese)
  • Nepali
  • Norwegian
  • Pashto
  • Persian
  • Polish
  • Portuguese
  • Punjabi
  • Romanian
  • Russian
  • Samoan
  • Simplified Chinese
  • Slovak
  • Slovenian
  • Spanish
  • Swedish
  • Tamil
  • Telugu
  • Thai
  • Traditional Chinese
  • Turkish
  • Ukrainian
  • Urdu
  • Vietnamese
  • Welsh
 Always translate Indonesian to EnglishPRO
Never translate Indonesian
Never translate ejournal.uin-suska.ac.id

Full Text:

PDF

References


Ani Setiani, dan Donni Juni Priansa, 2018 “Manajemen Peserta Dididk dan Model Pembelajaran”, Bandung: Alfabeta.

Dewi Hanggraeni, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi.

Dian Kurniawan, 2020‘’Assessment for Learning’’, Yogyakarta: Deepublish.

Diani Ayu Pratiwi, dkk, 2021. Perencanaan Pembelajaran SD/MI”, Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

E. Kosasih, 2021. Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta Timur: PT.Bumi Aksara.

Feri Kurniawan Ady Putra, 2014.Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XII TKR 1 Pada Mata Pelajaran System Pengapian Konvensional Di SMK Negeri Madiun, JTPM, Vol. 02, No. 03.

Hana Nur Sajidah, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013 Pada Materi Harga Pokok Pesanan, Jurnal Pendidikan Akuntansi,

Hartanto, Dicki dan Sri Yuliani. 2019. Statistik Riset Pendidikan. Penerbit Cahaya Firdaus, Pekanbaru. 160 Halaman

Kodri, Dkk,’’Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Permintaan, Penawaran, Dan Harga Keseimbangan’’ Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

M. Andy Rudhito, 2019. ‘’Dasar-Dasar Penelitian Desain untuk pendidikan’’, Yogyakarta: Deepublish.

Mike Tumanggor, 2021. ‘’Berfikir Kritis, Cara Jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21’’, Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.

Niken Septantiningstyas, dkk, 2021. ‘’Pembelajaran Sains’’, Boyolali: Lakisha, Anggota IKAPI.

Nur Afif, 2019. ‘’Pembelajaran Berbasis Masalah Perspektif Al-Qur’an’’, Jakarta: Karya literasi Indonesia.

Parenta, 2020. Model Pembelajaran Advance Organizer Collaboration’, Gowa, Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Prathama Rahadjja, Wiji Purwanta, 2015‘’Eksplorasi Nalar Siswa, Ekonomi untuk siswa SMA/MA kelas XI, edisi kedua, kelompok penminatan ilmu-ilmu sosial’’, Jakarta; Yrama Widya.

Ramen, dkk, 2020. ‘’Teknologi Pendidikan’’, Medan: Yayasan Kita Menulis. Riduwan, 2013. ‘’Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian’’, Bandung: Alfabeta

Risma Anita Puriani, Dan Ratna Sari Dewi, 2021‘’Konsep Adversity dan Problem Solving Skill ’’, Palembang; Bening Media Publishing.

Ruslan dan Rusli Yusuf, 2017. Perencanaan Pembelajaran, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Santika Lya Diah Pramesti, 2021. ‘’Modul Workshop Pembelajaran Matematika 1’’, Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Trianto, 2011. ‘’Model Pembelajaran Terpadu’’, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yennita, dkk, 2018. “Development of Worksheet Based on High-order Thinking Skills to Improve High-order Thinking Skills of the Students”, Journal of Educational Sciences, Volume 2, Number 1.

Yudi Hari Rayanto Dan Sugianti, 2020. “Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2d2: Teori Dan Praktik”, Pasuruan: Lembaga Academic Dan Research Institute.

Yuri Hari Rayanti dan Sugiarti, 2020. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2D2: Teori Dan Praktik, Pasuruan: Lembaga Akademik and Research Institute.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v5i2.18591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats