Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Nasabah melalui Minat Nasabah Pada PT. Pegadaian

Yosef Rinaldi, Samsir Samsir, Any Widayatsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Tabungan Emas Melalui Minat Nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah II Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah dengan software Warp PLS 7.0. Hasil Analisis Jalur menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1)berpengaruh signifikan terhadap Minat Nasabah (Y1), Kualitas Pelayanan (X1)berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah(Y2),  Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Nasabah (Y1, Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah (Y2), Kualitas Pelayanan(X1) dan Promosi(X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Nasabah(Y2) melalui Minat Nasabah.Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bahwa PT. Pegadaian (Persero) dapat mempertahan kualitas layanan dan promosi agar dapat meningkatkan minat sehingga mempengaruhi keputusan nasabah untuk membuka tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah II Pekanbaru.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Minat, Keputusan Nasabah


Full Text:

PDF

References


Abdulla, J., Djebarni, R., and Mellahi, K. .2011., “Determinants of job satisfaction in the UAE: A case study of the Dubai police”, Personnel Review, Vol.40 No.(1), pp.126-146.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dharmmesta.2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Ferdinand, Augusty.2000. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Hastharita, R. .2020. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Jasa Bank Syariah di Makassar. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(2).

Hidayatullah, Priyanto, dan Jauhari Khairul Kawistara. 2017. Pemrograman WEB. Bandung. Informatika Bandung.

Jin, B. dan G.S. Yong.2005. Integrating effect of consumer perception factors in predicting private brand purchase in a Korean discount store context. J. Consumer Market., 22: 62- 71.

Kasali,Rhenald.2010.Manajemen Periklanan, Cetakan Kelima, Pustaka Utama Grafiti,

Jakarta.

Kashyap, R. and Bojanic, D.C.2000.A Structural Analysis of Value, Quality, and Price Perception of Business and Leisure Travelers. Journal of Travel Research, 39, 45-51

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Kotler dan Keller. 2013, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Edisi 13 Erlangga, Jakarta.

Mellahi. 2010."Country image and consumer preference foremerging economy products: the moderating role of consumer materialism", International Marketing Review, Vol. 27 Iss 2 pp. 141 - 163.Emerald Insight.

Peter dan Olson. 2013.. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan.

Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Rasoolimanesh Mostafa S., Noor, Shuhaida Md., Schuberth, Florian., Jaafar, Mastura. 2019. Investigating the Effects of Tourist Engagement on Satisfaction and Loyalty. The Service Industries Journal, 39:7-8, pp. 559- 574.

Rodoula, Tsiotsou. 2005. Perceived Quality Levels and their Relation to Involvement, Satisfaction, and Purchase Intentions. Marketing Bulletin, Vol. 16 No. 4, 2005.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen. Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schiffman, Leon., & Kanuk, L., L. 2008. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh.

Jakarta: Indeks.

Setyarko, Y.2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan dan

Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara

Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, (52), 128–147.

Siregar. 2018 . Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Islam IAIN Padangsidimpuan : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, Vol. 6, No.1 2018.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Tjiptono, 2016 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v5i1.15973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats