Pengaruh Pembelajaran Perbankan Syariah, Kualitas Layanan, dan Fasilitas terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran perbankan syariah, kualitas layanan dan fasilitas terhadap keputusan menabung di bank syariah mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan asositif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 157 mahasiswa dengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pada penelitian ini menunjukkan hasil dari analisis data bahwa pembelajaran perbankan syariah, kualitas layanan dan fasilitas secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yakni diharapkan bank syariah lebih meningkatkan fasilitas agar mudah dijangkau oleh nasabah terutama ATM bank syariah. Karena mengingat masih sangat rendahnya ketertarikan para mahasiswa untuk memilih menabung di bank syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andespa, R., Wisanggara, R., Rasyad, F. H. S., & Adif, R. M. (2019). People, process ,. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4.
Ergun, U., & Djedovic, I. (2011). Islamic Banking with a closer look at Bosnia and Herzegovina : knowledge , perceptions and decisive factors for choosing islamic banking. International Conference on Islamic Economics and Finance, 8, 1–12.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handida, R. D., & Sholeh, M. (2019). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Muslim Menggunakan Produk Perbankan Syariah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 84–90. https://doi.org/10.21831/jep.v15i2.23743
Hartanto, D. (2012). Bank dan Keuangan Lain (Konsep Umum dan Syariah). Penerbit Aswaja Pressindo.
Junaidi. (2015). Jurnal Fokus Bisnis, Volume 14, No 02, bulan Desember 2015 Page 1. 14(02), 1–13.
Kaynak, E., & Harcar, T. D. (2005). American consumers’ attitudes towards commercial banks: A comparison of local and national bank customers by use of geodemographic segmentation. International Journal of Bank Marketing, 23(1 SPEC. ISS.), 73–89. https://doi.org/10.1108/02652320510577375
Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 43–57.
Metawa, S. A., & Almossawi, M. (1998). Banking behavior of Islamic bank customers: Perspectives and implications. International Journal of Bank Marketing, 16(7), 299–313. https://doi.org/10.1108/02652329810246028
Moenir, H. A. (2008). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Askara.
Simbela, L. . (2010). Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi (Cetakan ke). PT Bumi Askara.
Siregar, D. L., & Yusran, R. R. (2019). Analisis Keputusan Nasabah Menabung : Studi Kasus pada Bank Syariah di Kota. September, 67–72.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Pres.
Todaro, M. P & Smith, C. . (2011). The Developed and Developing World Income.
Utamy, O. D. B. (2019). Jurusan pendidikan ekonomi fakultas ekonomi universitas negeri semarang 2019.
Viranti, F. A., & Ginanjar, A. (2015). Influence of Facilities , Promotion , Product and Location Islamic Banking on Decision Non Muslim Customers Patronizing at BRIS Case Study in BRI Syariah. 1(1), 35–60.
Wardani, P. D. & S. (2019). Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07 No 02, 189–195.
Wijayanti, R. Y., & Sumekar, K. (2009). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Anggota Pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem Cabang Kudus. Analisis Manajemen, 3, 131–134.
Yumanita, D., & Ascarya. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum. In (Vol. 14, Issue 14).
Yupitri, E., & Sari, R. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Medan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 1(1), 14867.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i2.12925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Diindeksasi Oleh :
Alamat Redaksi :
Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.
Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id
Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK
View My Stats