Pengaruh Pemahaman Kewirausahaan Dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening

Wardani Purnamasari, Meri Rahmania

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemahaman Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dengan self Efficacy sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dari semester enam  ke atas yang belum menyelesaikan studinya yaitu berjumlah lebih kurang 463 Mahasiswa.. Teknik penarikan sampel dengan propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 192 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan bantuan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa semakin baik pemahaman kewirausahaan  maka minat berwirausaha cenderung meningkat. 2) Praktik kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa semakin baik praktik kewirausahaan  maka minat berwirausaha cenderung meningkat. 3) Self Efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa semakin baik self efficacy maka minat berwirausaha cenderung meningkat. 4) Pemahaman Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap self efficacy. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa semakin baik pemahaman kewirausahaan  maka self efficacy cenderung meningkat. 5) Praktik Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap self efficacy.


Keywords


Pemahaman, Praktik Kewirausahaan, Minat Berwirausaha dan Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Agoes Soejanto. 2005. Bimbingan kearah Belajar yang Sukses, Jakarta: Rineka Cipta.

Chomzana Kinta Marini, Siti Hamidah . 2014. “Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 4 No 2

Eman Suherman. 2008. Desain Pembelajaran Kewirausahan. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. (2008). Model Persamaan Struktural:Konsep dan aplikasi program AMOS versi 16.0.Semarang:Universitas Diponogoro.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan panduan untuk mahasiswa mengenal dan memahami dan memasuki dunia bisnis, Gelora Aksara Pratama..

Jeanne Ellis Ormrod. 2008. Educational Psychology Developing Learners. Pearson

M. Chabib Thoha.2017. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

https://riau.bps.go.id/

Moekijat.2000. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit Manajemen Informatika UGM

Meri Rahmania.2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Bisnis Dan Managemen Di Kota Padang. Universitas Negeri Padang.

Riyanti. 2003. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian.Jakarta: Grasindo.

Rusdiana.2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pusaka Setia.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Retno Budi Lestari danTrisnadi Wijaya 2012 “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE. Dalam Forum Bisnis Dan Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP Hal -112 Vol. 1 No. 2 Maret

Santoso, Singgih. (2012). Analisis SEM Menggunakan AMOS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suliyanto.2011. Ekonometrika Terapan:Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudjana.2001. Metode Statistik. Bandung: Parsito.

Umar, Husein. 2009. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Zubaidah Amir & Risnawati.2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Yudi Siswadi “ Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha” dalam jurnal Manajemen & Bisnis Vol 13 No .01 April 2013 ISSN 1693-7619

Zainudin, M..2005. Pedoman Pembelajaran Praktikum di Laboratorium.Yogyakarta.

Zubaidah Amir & Risnawati.2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v3i2.11148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats