Bimbingan dan Konseling untuk Generasi Milenial dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Abstract
Bimbingan dan Konseling merupakan bagian integral dari pendidikan yang memiliki tugas amat penting dalam tugas perkembangan peserta didik. Memasuki era revolusi industry 4.0 yang akan diisi oleh generasi Z atau yang dikenal dengan generasi milenial tentu banyak tantangan yang begitu kompleks yang akan dihadapi. Bimbingan dan Konseling diharapkan bisa berperan penting dalam membantu peserta didik untuk menghadapi tantangan tersebut. Artikel ini akan menjabarkan bagaimana peran Bimbingan dan Konseling dalam membantu generasi milenial bisa menghadapi tantangan pada era revolusi industry 4.0.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Intan. 2018. “Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia, Medan, 17 Januari.
Anindhita, Wiratri. dkk. 2016. “Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna pada Bisnis Transportasi Ojek Online”. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, Universitas Bakrie, 2-3 Mei.
Barreto, L. dkk. 2017. “Industry 4.0 Implications in Logistics: an Overview”. Procedia Manufacturing, 13 (2017): 1245-1252.
Dombrowski, Uwe dan Wagner, Tobias. 2014. “Mental Starin an Field of Action in the 4th Industrial Revolution”. Procedia CIRP, 17 (2014): 100-105.
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence atas IQ. Bandung: Alfabeta.
Gibson, Robert L dan Mitchell, Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gladding, Samuel T. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.
ILO. 2011. Panduan Pelayanan Bimbingan Karir. Jakarta: ABKIN.
Kartadinata, Sunaryo. 2017. “Tantangan dan Arah Pengembangan Profesi BK dan Konselor (Antara Regulasi dan Peluang)”. Makalah disajikan dalam Seminar Pengembangan Profesi BK dalam Perspektif Kemenristekdikti Nomor 257/M/KPT/2017, UNP Padang, 14 Oktober.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pereira, A.C dan Romero, F. 2017. “A Review of the Meanings and the Implication of the Industry 4.0 Concept”. Procedia Manufacturing, 13 (2017): 1206-1214.
Prayitno. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Putra, Yanuar Surya. 2016. “Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi”. Among Makarti, 9 (18): 124-134.
Ristekdikti. 2018. “ITEBA untuk Sokong Revolusi Industri 4.0”. 06 Februari 2018. https://www.ristekdikti.go.id/iteba-untuk-sokong-revolusi-industri-4-0/.
Syakir, Muhammad. dkk. 2016. “The Model of ICT-Based Career Information Services and Decision-Making Ability of Learners”. International Journal of Environmental & Science Education, 11 (13): 5969-5979.
Trstenjak, Maja dan Cosic, Predarg. 2017. “Process Planning in Industry 4.0 Environment”. Procedia Manufacturing, 11 ( 2017 ): 1744 – 1750.
Ting, S.R. dkk. 2012. “A Preliminary Study of Career Education in Middle School”. Journal of Career and Technical Education, 27 (2): 84-97.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan + Konseling (Studi & Karier). Yogyakarta: Andi.
Yusuf, A. Muri. 2011. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v3i1.9497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.