Descriptive Study: The Prevalence of Academic Resilience of Junior High School Students and Its Implications in Guidance and Counseling

Diki Herdiansyah, Mufied Fauziah

Abstract


Resiliensi akademik merujuk pada kemampuan siswa untuk tetap tegar dalam mengatasi rintangan belajar, sehingga menjadi landasan yang kuat untuk menghadapi perubahan dan tekanan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi prevalensi resiliensi akademik di kalangan siswa SMP serta menganalisis implikasinya terhadap bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 356 siswa berusia 12-16 tahun di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan skala resiliensi akademik yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata tingkat resiliensi akademik siswa berada pada ketegori sedang yaitu 245 (68,8%), sedangkan sisanya 66 (18,5%) berada pada kategori tinggi, dan 45 siswa (12,6%) memiliki tingkat kecerdasan emosional rendah. Temuan dalam penelitian ini menyoroti variasi dalam tingkat resiliensi akademik siswa, sehingga memberikan landasan untuk pengembangan strategi pendidikan khususnya program bimbingan dan konseling yang lebih holistik dan komprehensif terhadap pengembangan resiliensi akademik siswa.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2018. “Perlunya Pelayanan Bimbingan Konseling Di Sekolah (Ditinjau Dari Aspek Psikologis, Sosial Budaya Dan Perkembangan Iptek).” Jurnal Education and Development 4(1):56–56.

Azwar, Saifuddin. 2022. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka pelajar.

Balqis, Putri, Asih Menanti, and Hasanuddin Hasanuddin. 2022. “Pengaruh Locus of Control Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Resiliensi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Langsa.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 5(2):1096–1107.

Barseli, Mufadhal, Ifdil Ifdil, and Nikmarijal Nikmarijal. 2017. “Konsep Stres Akademik Siswa.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 5(3):143–48.

Batubara, Yusmaini Ayu, Jihan Farhanah, Melina Hasanahti, and Anggi Apriani. 2022. “Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik.” Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI) 4(1).

Cahyani, Lani, and Eka Wahyuni. 2023. “Efektivitas Pendekatan Mindfullness Untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas: Literature Review.” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 9(3):82–91.

Cassidy, Simon. 2016. “The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure.” Frontiers in Psychology 7:1787.

Faturrohmah, Afi, and Dony Darma Sagita. 2022. “Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) Di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 4(1):167–78.

Febrini, Deni. 2020. Bimbingan Dan Konseling. Bengkulu: CV Brimedia Global.

Finn, Jeremy D., and Donald A. Rock. 1997. “Academic Success among Students at Risk for School Failure.” Journal of Applied Psychology 82(2):221.

Hashemzadeh, Amir, Tehran, Iran. 2022. “The Efficasy of Mindfulness Training on Academic Resilience and Sense of Belonging of Female Students High School.” The Journal Of Psychological Science 21(112):763–80. doi: 10.52547/JPS.21.112.763.

Hidayati, Nurul. 2018. “Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk Resiliensi Remaja yang Mengalami Bullying.” Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018.

Khairunnisa, Rania Fakhirah, Airin Triwahyuni, and Achmad Djunaidi. 2022. “Kepribadian Big Five Sebagai Faktor Prediktif Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Tingkat Pertama Rumpun Kesehatan.” Journal of Psychological Science and Profession 6(3):241–54.

Lianawati, Ayong. 2021. “Profil Tingkat Resiliensi Remaja Di Masa Pandemic Covid-19.” Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN) 1:143–50.

Makrifah, Fanistika Lailatul. 2014. “Pengembangan Paket Peminatan Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Di SMP.” PhD Thesis, State University of Surabaya.

Martin, Andrew J., and Herbert W. Marsh. 2006. “Academic Resilience and Its Psychological and Educational Correlates: A Construct Validity Approach.” Psychology in the Schools 43(3):267–81. doi: 10.1002/pits.20149.

Morales, Erik E. 2008. “Exceptional Female Students of Color: Academic Resilience and Gender in Higher Education.” Innovative Higher Education 33:197–213.

Munawaroh, Eem, and Easy Anesty Mashudi. 2018. RESILIENSI: Kemampuan Bertahan Dalam Tekanan, Dan Bangkit Dari Keterpurukan. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.

Nikmah, Rofiatun. 2017. “Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa.” in Seminar Nasional Bimbingan Konseling 2017.

Poerwanto, Agus, and Wiwik J. Prihastiwi. 2017. “Analisis Prediktor Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Surabaya.” PSIKOSAINS: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi 12(1):45–56.

Prawitasari, Tiara, and Eni Rindi Antika. 2022. “Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Resiliensi Akademik Siswa.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia 7(2).

Rahayu, Esti W., and Miftah EA Djabbar. 2019. “Peran Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa Sma.” Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September 20–21.

Ramadanti, Ghesela, and Rahmi Sofah. 2022. “Resiliensi Akademik Pada Siswa Berdasarkan Prestasi Belajar.” Pp. 141–49 in Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang.

Roellyana, Shahnaz, and Ratih Arruum Listiyandini. 2016. “Peranan Optimisme Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi.” Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia 1(1):29–37.

Rohman, Fathor, and Habibur Rohman. 2023. “Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Didik.” Al-Miftah: Jurnal Sosial Dan Dakwah 1(1).

Septiani, Tria, and Nurindah Fitria. 2016. “Hubungan Antara Resiliensi Dengan Stres Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan.” Jurnal Penelitian Psikologi 7(2):59–76.

Setiawati, Fenty. 2022. “Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah.” NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(1):1–17.

Setyawan, Imam. 2021. “Melihat Peran Pemaafan Pada Resiliensi Akademik Siswa.” Jurnal Empati 10(3):187–93.

Triningtyas, Diana Ariswanti, and Bagus Nugraha Adin Saputra. 2021. “New Normal: Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Pp. 112–16 in PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS UTP SURAKARTA. Vol. 1.

Utami, Lufiana Harnany. 2020. “Bersyukur Dan Resiliensi Akademik Mahasiswa.” Nathiqiyyah 3(1):1–21.

Wati, Reki Laras, Muwakhidah Muwakhidah, Kharisma Aulia Ramadhany, Rahadjeng Harnastiti, and Cindy Ayu Wulandari. 2023. “Profil Resiliensi Akademik Siswa Smp Pasca Pandemi Covid-19.” PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan 11(1):120–25.

Wolin, Steven J., and Sybil Wolin. 2010. The Resilient Self: How Survivors of Troubled Families Rise above Adversity. Villard.

Zulaikah, Fitri, and Heri Saptadi Ismanto. 2023. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Resiliensi Akademik Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):1611–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v7i1.29162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats