Konsep Motivasi Belajar Menurut Pandangan Islam dan Peran Guru BK
Abstract
Motivasi adalah suatu kondisi yang mendorong siswa untuk melakukan belajar guna meningkatkan mutu belajar dengan baik dalam mencapai tujuan belajar. Motivasi merupakan daya penggerak yang menggerakkan manusia untuk bertindak guna mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur review. Pada artikel ini dikaji beberapa artikel yang berkaitan dengan motivasi belajar dan motivasi belajar dalam pandangan islam dan peran guru BK dalam motivasi belajar. Dalam belajar tentunya ada dorongan yang membuat seseorang ingin mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan Proses belajar motivasi merupakan aspek dinamis yang sangat penting. Islam telah memerintahkan kita untuk belajar dan menuntut ilmu terlihat Islam sangat menekankan pentingnya belajar bagi manusia dapat dilihat dari banyaknya ayat dan hadis yang membahas tentang pentingnya belajar dan keutamaan orang yang berilmu dan menuntut ilmu. guru BK berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sebagai informator, motivator, direktor, dan transmitter sehingga dapat mengembangkan potensi dan memandirikan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.
Brunstein, JC, & Heckhausen, H. (2018). Motivasi berprestasi. Dalam Motivasi dan tindakan (hlm. 221–304). Cham: Springer. https:// doi.org/10.1007/978-3-319-65094-4_6
Deci, EL, & Ryan, RM (1985). Motivasi intrinsik dan penentuan diri dalam perilaku manusia. Sains Springer & Media Bisnis.
Diseth, Å., & Samdal, O. (2015). Struktur tujuan pencapaian kelas, keterlibatan sekolah, dan penggunaan zat di antara siswa kelas 10 di Norwegia. Jurnal Internasional Sekolah & Psikologi Pendidikan, 3(4), 267–277. https://doi.org/10. 1080/21683603.2015.1084250
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Harmalis. (2019). Motivasi Belajar dalamPerspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 01(01), 51–61.
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
H.R Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah
H.R Bukhari
H.R Muslim
H.R Bukhari dan Muslim
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya. Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Makmudi, M., Tafsir, A., Bahruddin, E., & Alim, A. (2018). Pendidikan Jiwa Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 42. https://doi.org/10.32832/
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117.
Puspitasari, D. B. (2013). Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1).
Q.S Azzumar : ayat 9
Q.S Almujadalah : ayat 11
Q.S Taha : ayat 114
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rudi Ahmad Suryadi. (2012). Motivasi Belajar Persfektif Pendidikan Islam Klasik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 53–65.
Sardiman, AM. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soemanto, Wasty. 1983. Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin.1995. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terbaru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. RajaGrafindo Persada.
Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wigfield, A., & Eccles, JS (2000). Harapan-nilai teori motivasi berprestasi. Psikologi Pendidikan Kontemporer, 25(1), 68–81. https://doi.org/ 10.1006/ceps. 1999.1015
Wolters, CA, Shirley, LY, & Pintrich, PR (1996). Hubungan antara orientasi tujuan dan keyakinan motivasi siswa dan pembelajaran mandiri. Pembelajaran dan Perbedaan Individu, 8(3), 211–238. https:// doi.org/10. 1016/S1041-6080(96)90015-1
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i2.24406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.