Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa

Zulvina Muharammania, Tri Umari, Donal Donal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dan pengaruh sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok behavioral dengan teknik self management. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen dengan model one group pretest-posttest design. Subjek diambil sebanyak 7 siswa SMA N 12 Pekanbaru yang memiki kategori perilaku membolos yang tinggi berdasarkan skala pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat perbedaan antara tingkat perilaku membolos siswa setelah diberikannya layanan konseling kelompok behavioral dengan teknik self management dibuktikan dengan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,017. Pengaruh konseling kelompok behavioral teknik self management untuk mengatasi perilaku membolos ialah 68% sedangkan 32% lainnya berasal dari faktor-faktor dalam diri dan lingkungan individu.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.22217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats