Emotional Intelligence Differences Between Male and Female Adolescents
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustiar, A. (2014). Gender Dalam Budaya Puak Melayu Riau. Jurnal Ilmu Budaya, 1(1), 67–75
Ahmad, S., Bangash, H., & Khan, S. A. (2009). Emotional Intelligence and Gender Differences. Sarhad J. Agric, 25(1).
Amin. (2022, September 22). Viral, Siswa SMA di Riau Ini Dikeroyok Rekannya di Kelas, Diduga Persoalan Pemilihan Ketua OSIS. Retrieved from https://www.cakaplah.com/berita/baca/89897/2022/09/22/viral-siswa-sma-di-riau-ini-dikeroyok-rekannya-di-kelas-diduga-persoalan-pemilihan-ketua-osis#sthash.a0bUKviQ.bmK7g2QR.dpbs
Budianto, E. E. (2022, October 30). Siswa SMA di Mojokerto Ditemukan Ibunya Tewas Gantung Diri. Retrieved from https://www.detik.com/jatim/berita/d-6378097/siswa-sma-di-mojokerto-ditemukan-ibunya-tewas-gantung-diri
Elmasdito, F. (2023, January 6). Kasus Siswa SMA di Bengkulu Pukul Guru, Kriminolog: Pendekatan Hukum Tak Hanya Pidana. Retrieved from https://rakyatbengkulu.disway.id/read/649122/kasus-siswa-sma-di-bengkulu-pukul-guru-kriminolog-pendekatan-hukum-tak-hanya-pidana
Fida, A., & Ghaffar, A. (2018). Gender Comparison of Emotional Intelligence of University Students. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 172–188.
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence: Why it can matter more than IQ. London: Bloomsbury Publishing.
Hadi, I., & Netrawati, N. (2021). Contribution of Emotional Intelligence and Parental Social Support in Student Learning Achievement. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 55–66.
Hidayah, B., Ariyanto, A. A., & Hariyadi, S. (2020). Apakah Emotional Intelligence dipengaruhi gender?: Analisis perbedaan kecerdasan emosi kaitannya dengan manajemen konflik suami-isteri dalam masa kritis perkawinan. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2).
Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68.
Irsandef, A. B., Taufik, T., & Netrawati, N. (2018). Profile of emotional intelligence and spiritual intelligence of adolescents from divorced families. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 84–95.
Karneli, Y., Firman, & Netrawati, N. (2019). Upaya Guru Bk/Konselor Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa Dengan Menggunakan Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 32.
Meshkat, M., & Nejati, R. (2017). Does Emotional Intelligence Depend on Gender ? A Study on Undergraduate English Majors of Three Iranian Universities. SAGE Open, 7(3), 1–8.
Mokhlesi, V., & Patil, C. B. (2018). A Study of Gender Differences in Emotional Intelligence and Learning Behaviour among Children. The International Journal of Indian Psychology, 6(4), 55–61.
Nashukah, F., & Darmawanti, I. (2013). Perbedaan Kematangan Emosi Remaja Ditinjau dari Struktur Keluarga. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 3(2).
Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79.
Nyiagani, P. W., & Kristinawati, W. (2021). Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Remaja di Panti Asuhan. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(2), 295.
Oktavia, Y., & Netrawati, N. (2019). Relationship of Emotional Intelligence with Learning Outcome of Students in SMP Negeri 13 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6.
Perdana, D. (2022, November 22). Fenomena Anak Emosi-Lakukan Hal Tak Terpuji Didorong Informasi dan Lingkungan. Retrieved from https://www.detik.com/jatim/berita/d-6420488/fenomena-anak-emosi-lakukan-hal-tak-terpuji-didorong-informasi-dan-lingkungan
Pratama, R., Syahniar, S., & Karneli, Y. (2016). Perilaku Agresif Siswa dari Keluarga Broken Home. Konselor, 5(4), 238.
Putri, M. E., Nirwana, H., & Sukmawati, I. (2020). Hubungan kemampuan mengelola emosi dengan kecenderungan berperilaku agresif siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 14.
Safari, M., & Hestaliana, A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Inshafuddin Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 4(6), 1–21.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Saragih, G. M., Triwanda, Y., & Akmal, Z. (2021). Kedudukan Perempuan Dalam Masyarakat Hukum Adat Melayu Riau. JIP ( Jurnal Industri Dan Perkotaan ), 17(2).
Shirvani, H., & Shirvani, R. (2021). The Relationship Between Gender and Emotional Intelligence. Journal of European Education (JEE), 11(1).
Siwi, W., Luthfi, A., & Nasrul, P. (2011). Perbedaan Kecerdasan Emosional ditinjau dari Persepsi Penerapan Disiplin Orangtua pada Mahasiswa UIEU. Jurnal Psikologi, 9(1), 16–28.
Undriani, Y., Yusri, Y., & Sukmawati, I. (2015). Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan. Konselor, 4(2), 102.
Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa Kecerdasan Emosional Remaja Tahap Akhir Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v6i1.21427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.