Motivasi Berprestasi Mahasiswa serta Peran UPBK dalam Mengoptimalkan Motivasi Prestasi

Birrul Walidaini

Abstract


Motivasi berprestasi adalah keinginan menyelesaikan sesuatu, untuk mencapai suatu standar kesuksesan, dan berusaha dengan tujuan mencapai kesuksesan, adanya motivasi, siswa akan belajar lebih keras, ulet, tekun, dan memiliki konsentrasi dalam proses pembelajaran. Mahasiswa  memiliki tingkat motivasi yang berbeda-beda. Sehingga penelitian bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat motivasi berprestasi mahasiswa, 2) Mendeskripsikan peran UPBK dalam mengoptimalkan motivasi berprestasi. Adapun metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif jenis deskriptif dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa BK UNP berjumlah 624 dan sample berjumlah 244 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa motivasi berprestasi mahasiswa berada pada kategori tinggi. Adapun peran UPBK dalam mengoptimalkan motivasi berprestasi mahasiswa yaitu   dengan membuat program pelayanan BK agar mahasiswa yang secara rata-rata berada pada kategori tinggi tidak menurun motivasinya antara lain memberikan layanan informasi, layanan konten, dan layanan bimbingan kelompok.TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran: Panduan untuk guru, konselor, psikolog, orang tua, dan tenaga kependidikan. Bandung: Refika Aditama.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Diniaty, A. (2001). Keikutsertaan Siswa pada Lembaga Bimbingan Belajar dalam Kaitannya dengan Motivasi Berprestasi, Kemampuan dan Masalah Belajar serta Peranan Guru Pembimbing di SMUN 1 Padang. Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Studi Pasca Sarjana. Universitas Negeri Padang.

Dwija, I. W. (2008). Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1977

Donal. (2014). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Arah Perencanaan Karier Siswa (Studi PadaSMAN 2 Kampar Kiri). Tesis tidak diterbitkan. Padang: Prodi S2 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Elliot, S. N., Kratochwil, T. R., Lilttlefield, J., & Travers, J. (2001). Educational Psychology: Effective teaching, effective learning. Singapore: McGraw-Hill Bookco.

Ellis,. H. C. Tanpa Tahun. Fundamentals of Human Learning, Memory, and Cognition, Second Edition.

Fitriyanti, E., & Bilqis, F. (2020). Penguasaan konten analisis doodle art meningkatkan self efficacy mahasiswa UPBK Unindra dalam memberikan layanan konseling. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 175-182. DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42344

Garliah, L., & Nasution, F. K. S. (2005). Peran Orangtua dalam Motivasi Berprestasi. Jurnal Psikologi, 1 (1): 39-40.

Hanum, M., Prayitno, Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan KonselingPerorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Konselor, 4(3), 162-168 https://doi.org/10.24036/02015436468-0-00

Hasan, H., Dedi Hermanto Karwan, D., Een, Y. H., Riswanti, R., & Ujang, S. (2021). Motivation and Learning Strategies Student Motivation Affects Student Learning Strategies. Despite being a popular research subject internationally, self-regulated learning is relatively under-investigated in the Indonesian context. This article examined student learning motivation and its use as an indicator to predict student learning strateg, 10(1), 39-49.

Liando, O., Sumendap, S. S., & Koagouw, F. V. (2017). Pemanfaatan Internet Upt Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi Dalam Menunjang Proses Belajar Mahasiswa. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1).

Mayangsari, M. (2016). Motivasi berprestasi mahasiswa ditinjau dari penerimaan orangtua. Jurnal Ecopsy, 1(1), 21-27. doi:http://dx.doi.org/10.20527/ecopsy.v1i1.480

McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Glenview, IL: Scott Foresman.

Prayitno. (2007). Peningkatan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press.

Syaharuddin& Amin, RS. (2019). Realisasi Manajemen Unit Pelayanan Bimbingan Dan Konseling (Upbk) Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Percontohan Dan Pengembang Implementasi Kurikulum 2013 Di Kabupaten Gowa. Competitiveness, 8(1). https://doi.org/10.26618/jmbc.v8i1.4465

Wahyuni, S. (2013). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i1.3279

Walidaini, B., Neviyarni, & Rusdinal. (2018). The contribution of achievement motivation toward student study skill. International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology. DOI: https://doi.org/10.29210/2018144.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i2.19766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats