Motivasi Berprestasi Mahasiswa serta Peran UPBK dalam Mengoptimalkan Motivasi Prestasi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran: Panduan untuk guru, konselor, psikolog, orang tua, dan tenaga kependidikan. Bandung: Refika Aditama.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Diniaty, A. (2001). Keikutsertaan Siswa pada Lembaga Bimbingan Belajar dalam Kaitannya dengan Motivasi Berprestasi, Kemampuan dan Masalah Belajar serta Peranan Guru Pembimbing di SMUN 1 Padang. Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Bimbingan dan Konseling Program Studi Pasca Sarjana. Universitas Negeri Padang.
Dwija, I. W. (2008). Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1977
Donal. (2014). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Arah Perencanaan Karier Siswa (Studi PadaSMAN 2 Kampar Kiri). Tesis tidak diterbitkan. Padang: Prodi S2 Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.
Elliot, S. N., Kratochwil, T. R., Lilttlefield, J., & Travers, J. (2001). Educational Psychology: Effective teaching, effective learning. Singapore: McGraw-Hill Bookco.
Ellis,. H. C. Tanpa Tahun. Fundamentals of Human Learning, Memory, and Cognition, Second Edition.
Fitriyanti, E., & Bilqis, F. (2020). Penguasaan konten analisis doodle art meningkatkan self efficacy mahasiswa UPBK Unindra dalam memberikan layanan konseling. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 175-182. DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42344
Garliah, L., & Nasution, F. K. S. (2005). Peran Orangtua dalam Motivasi Berprestasi. Jurnal Psikologi, 1 (1): 39-40.
Hanum, M., Prayitno, Nirwana, H. (2015). Efektifitas Layanan KonselingPerorangan Meningkatkan Kemandirian Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Belajar. Konselor, 4(3), 162-168 https://doi.org/10.24036/02015436468-0-00
Hasan, H., Dedi Hermanto Karwan, D., Een, Y. H., Riswanti, R., & Ujang, S. (2021). Motivation and Learning Strategies Student Motivation Affects Student Learning Strategies. Despite being a popular research subject internationally, self-regulated learning is relatively under-investigated in the Indonesian context. This article examined student learning motivation and its use as an indicator to predict student learning strateg, 10(1), 39-49.
Liando, O., Sumendap, S. S., & Koagouw, F. V. (2017). Pemanfaatan Internet Upt Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi Dalam Menunjang Proses Belajar Mahasiswa. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1).
Mayangsari, M. (2016). Motivasi berprestasi mahasiswa ditinjau dari penerimaan orangtua. Jurnal Ecopsy, 1(1), 21-27. doi:http://dx.doi.org/10.20527/ecopsy.v1i1.480
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Glenview, IL: Scott Foresman.
Prayitno. (2007). Peningkatan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press.
Syaharuddin& Amin, RS. (2019). Realisasi Manajemen Unit Pelayanan Bimbingan Dan Konseling (Upbk) Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Percontohan Dan Pengembang Implementasi Kurikulum 2013 Di Kabupaten Gowa. Competitiveness, 8(1). https://doi.org/10.26618/jmbc.v8i1.4465
Wahyuni, S. (2013). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i1.3279
Walidaini, B., Neviyarni, & Rusdinal. (2018). The contribution of achievement motivation toward student study skill. International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology. DOI: https://doi.org/10.29210/2018144.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i2.19766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.