Tingkat Adiksi Penggunaan Media Sosial Remaja: Studi Deskriptif

Hasgimianti Hasgimianti, Suci Habibah, Alfiah Alfiah, Raden Deceu Berlian Purnama

Abstract


Perkembangan pada masa remaja merupakan masa transisi antara masa anak-anak menuju masa Remaja. Perkembangan media sosial memberikan andil dalam proses interaksi antara inidividu dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) gambaran tingkat adiksi penggunaan media sosial remaja, (2) gambaran konten yang sering dibuka remaja dalam penggunaan media social. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah 118 orang siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru. Teknik pengumplan data dalam penelitian ini menggunakan angket media social yang telah dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan presentase. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa : (1) analisis gambaran tingkat adiksi penggunaan media sosial bagi remaja untuk kategori sangat tinggi 21%, tinggi 37%, sedang 26%, rendah 12%, dan sangat rendah 4%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat adiksi penggunaan media social pada terbanyak pada kategori tinggi dan sedang, (2) konten yang paling banyak dibuka melalui social media ditemukan bahwa remaja membuka social media market place, berbelanja online dengan jumlah 45% dengan kategori sering, ibu-ibu membuka social media Tiktok dengan jumlah 86% dengan kategori kadang-kadang, ibu-ibu membuka social media gossip artis atau berita viral dengan jumlah 55% dengan kategori kadang-kadang, ibu-ibu membuka social media untuk melihat status dan foto teman-teman dengan jumlah 78% dengan kategori sering, ibu-ibu membuka social media untuk melihat instastory, status WA, maupun live facebook dengan jumlah 56%.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF

References


APJII. (2014). Google. Dipetik Desember 01, 2014, dari http://Asosiasi%20 Penyelenggara%20Jasa%20Internet%20 Indonesia.htm

Dewa Ketut sukardi. 2000. Proses Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Jakarta: Rinneka Cipta.

Henderi, Muhammad Yusup, Yuliana Isma Graha. 2007. Pengertian Media Sosial, (Online),( http://wlipurn.blogspot.co.id/2017/04/wlipurn.html, diakses pada 19 Februari 2017) Mitchcell, M.H. & Gibson, R.L. 2011.Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management,14th Edition. United States of America : Pearson.

Odagiri, M., Cronin, A. A., Thomas, A., Kurniawan, M. A., Zainal, M., Setiabudi, W., ... & Pronyk, P. (2020). Achieving the Sustainable Development Goals for water and sanitation in Indonesia–Results from a five-year (2013–2017) large-scale effectiveness evaluation. International journal of hygiene and environmental health, 230, 113584.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i2.19731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

        

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats